Tribun

Mahfud MD: Sebagai Negara Pancasila, Indonesia Lahir Dituntun oleh 4 Kaidah 

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyampaikan cikal-bakal lahirnya Indonesia

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Wahyu Aji
Mahfud MD: Sebagai Negara Pancasila, Indonesia Lahir Dituntun oleh 4 Kaidah 
TRIBUNJAKARTA.COM/Rizki Sandi Saputra
Agenda Diskusi dan Bedah Buku berjudul Intoleransi dan Radikalisme Kuda Troya Politik dan Agama milik Islah Bahrawi secara daring, Minggu (24/10/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyampaikan cikal-bakal lahirnya Indonesia sebagai negara Pancasila.

Di mana kata Mahfud, Indonesia pada tahun 1945 lahir dengan tuntunan empat kaidah yang harus ditegakkan.

Hal itu diungkapkan Mahfud dalam diskusi dan bedah buku berjudul Intoleransi dan Radikalisme Kuda Troya Politik dan Agama milik Islah Bahrawi secara daring, Minggu (24/10/2021).

"Terkait dengan makna negara Pancasila yang lahir pada tahun 1945 itu adalah negara yang dituntun oleh empat kaidah dituntun yang salah di antaranya ada di buku milik Islah Bahrawi ini," kata Mahfud.

Adapun ke-empat kaidah tersebut kata dia yakni pertama, pemerintah Indonesia menjaga Integrasi, keutuhan ideologi serta keutuhan teritorial.

Hal itu bermakna kata dia, kalau Pemerintah memiliki tanggungjawab untuk menjaga Pancasila dan menjaga wilayah di seluruh Indonesia.

"Negara Indonesia dibangun di mana pemerintahanya bertugas menjaga integrasi, keutuhan Ideologi dan keutuhan teritori, jaga itu Pancasila jaga itu wilayah itu kaidah penuntun yang pertama dari negara Pancasila secara filsafat hukum," beber Mahfud.

Lebih lanjut kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu, pernyataan tersebut juga sering disampaikan oleh Soekarno dalam pidato-pidato nasionalnya selama menjabat sebagai pimpinan negara.

Di mana kata dia, Ideologi negara Indonesia harus dijaga dan jangan diganggu gugat.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas