Tribun

Nadiem Makarim Ajak Pimpinan Perguruan Tinggi Menjadi Duta Kampus Merdeka

Mendikbudristek Nadiem Makarim, berharap semakin banyak pimpinan perguruan tinggi dapat menjadi Duta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
Nadiem Makarim Ajak Pimpinan Perguruan Tinggi Menjadi Duta Kampus Merdeka
tangkapan layar
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim, berharap semakin banyak pimpinan perguruan tinggi dapat menjadi Duta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Nadiem mengapresiasi pimpinan perguruan tinggi yang proaktif memberikan dukungan terhadap perubahan sistem pendidikan tinggi yang didorong MBKM.

“Saya berharap para pimpinan perguruan tinggi dapat menjadi duta Kampus Merdeka. Lakukan diskusi terbuka, sampaikan makna MBKM, bekali dengan informasi baik, dan dukung perubahan. Laksanakan supaya kampus kita bisa lebih merdeka," kata Nadiem melalui keterangan tertulis, Minggu (24/10/2021).

“Saya apresiasi pimpinan perguruan tinggi implemetasikan program MBKM,” ajak Menteri Nadiem.

Mendikbudristek menginginkan agar tidak ada lagi sekat-sekat antara falkutas, sekat-sekat antara prodi, sekat-sekat antara universitas, dan sekat antara dunia akademik, dunia industri, serta dunia riset.

Baca juga: Nadiem Makarim: Kampus Merdeka Dorong Perguruan Tinggi Terus Ciptakan Inovasi Baru

"Sekarang benar-benar semua menjadi tempat pembelajaran untuk mahasiswa dan dosen, serta kampus menjadi pusat perbauran dari berbagai sektor. Itulah Kampus Merdeka," ucap Nadiem.

Menurutnya  saat ini banyak mahasiswa berkuliah di bidang yang tidak sesuai dengan minat dan bakatnya.

Maka, MBKM dirancang khusus untuk dapat membekali mahasiswa untuk belajar dari berbagai disiplin ilmu yang relevan dengan minat dan kebutuhannya memasuki dunia kerja.

Dalam memasuki dunia kerja, mahasiswa yang baru lulus tidak hanya mengandalkan satu disiplin program studi (prodi), tetapi membutuhkan dua atau tiga disiplin prodi.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas