Tribun

KSAU: Transformasi yang Diusung Plan Bobcat Fokus Pada Organisasi, Teknologi, dan Kesiapan Operasi

konsep transformasi kekuatan udara (air power) TNI AU yang diusung dalam buku yang diluncurkannya hari ini, Plan Bob Cat, fokus pada tiga aspek.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Wahyu Aji
KSAU: Transformasi yang Diusung Plan Bobcat Fokus Pada Organisasi, Teknologi, dan Kesiapan Operasi
Kanal Youtube Airmen TV
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meluncurkan buku tentang konsep transformasi kekuatan udara (air power) TNI AU berjudul Plan Bobcat secara daring dan luring pada hari ini Senin (25/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menjelaskan konsep transformasi kekuatan udara (air power) TNI AU yang diusung dalam buku yang diluncurkannya hari ini, Plan Bob Cat, fokus pada tiga aspek.

Tiga aspek tersebut, kata dia, adalah perubahan pada sisi organisasi, teknologi yang diusung, serta kesiapan operasi.

Selain itu, dengan mengamati dinamika geopolitik, perkembangan teknologi, referensi negara maju, serta melihat kondisi internal, ia merumuskan bahwa air power di Indonesia dibangun dengan meningkatkan kemampuan TNI AU sebagai instrumen strategis negara dalam mengamankan kepentingan nasional.

Terkait aspek organisasi, kata dia, dalam pelaksanaannya yakni melalui pendekatan organisasi baru yang dapat mencapai efektifitas dengan tetap menjaga efisiensi anggaran. 

Selain itu, kata dia, sistem pendidikan akan direformasi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang semakin unggul dan adaptif terhadap kemajuan teknologi dan perkembangan taktik tempur udara. 

Terkait pola kepemimpinan, lanjut dia, diarahkan untuk membentuk karakter personel Angkatan Udara dengan karakter kedirgantaraan yang khas.

Kemudian untuk sistem logistik, kata Fadjar, diarahkan untuk menjaga kesiapan alutsista yang tinggi atau yang dikenal dengan performance based logistic.

"Bidang organisasi diprioritaskan untuk bersifat adaptif, efektif, dan tetap efisien," kata Fadjar dalam sambutannya saat peluncuran buku Plan Bobcat yang digelar secara daring dan luring pada Senin (25/10/2021).

Terkait aspek penguasaan teknologi, kata dia, diarahkan pada capability based approach yang berfokus pada empat peran dasar kekuatan udara yakni penguasaan udara, serangan udara, pengamatan dan pengintaian atau ISR, dan mobilisasi udara.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas