Tribun

Penyidik KPK Memeras

KPK Peringatkan Azis Syamsuddin Soal Keterangan Palsu di Persidangan

KPK memperingatkan eks Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Azis Syamsuddin soal memberikan keterangan palsu dalam persidangan.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Adi Suhendi
KPK Peringatkan Azis Syamsuddin Soal Keterangan Palsu di Persidangan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Mantan Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin memberikan keterangan dalam sidang lanjutan kasus dugaan suap penanganan perkara yang diusut KPK dengan terdakwa mantan penyidik KPK, AKP Stepanus Robin Pattuju dan pengacara Maskur Husain di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (25/10/2021). Sidang tersebut beragenda mendengarkan keterangan saksi-saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperingatkan eks Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Azis Syamsuddin soal memberikan keterangan palsu dalam persidangan.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, Azis Syamsuddin bisa mendapat konsekuensi dari pernyataan bohong yang disampaikannya dalam sidang.

"Sebenarnya keterangan palsu itu kan ada sanksinya, makannya kemarin kan sudah diingatkan oleh salah satu majelis hakim, konsekuensi kalau memberikan keterangan yang tidak benar," kata Alex, panggilan Alexander, di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (26/10/2021).

Alex berkata hakim juga sudah mendengar keterangan dari saksi-saksi lainnya.

Namun, keterangan yang disampaikan Azis justru berbeda.

"Tentu hakim bisa mengatakan itu karena sudah diperiksa saksi-saksi, lah kok keterangannya berbeda. Kalau ada keterangan yang berbeda pasti ada salah satu pihak yang enggan benar menyampaikan keterangan seperti itu kan," kata dia.

Baca juga: KPK Buka Penyelidikan Kasus Dugaan Korupsi Proyek Toilet Sekolah Rp 98 Miliar di Kabupaten Bekasi

Terkait hal tersebut, lanjut Alex, KPK juga akan mengonfirmasi dengan bukti lainnya, tidak hanya dari keterangan saksi.

"Tentu saja nanti akan dikonfirmasi dengan alat bukti yang lain tidak semata-mata keterangan saksi tetapi alat bukti yang lain," ujar dia.

Dalam sidang untuk terdakwa mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju dan advokat Maskur Husain di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (25/10/2021), majelis hakim merespons sejumlah kesaksian yang diberikan Azis Syamsuddin.

Baca juga: KPK Tengah Kembangkan Kasus Korupsi Bansos Covid-19, Akui Sudah ada Tersangka Baru

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas