Tribun

Pemerintah Islandia Anugerahi Maxi Gunawan Order of The Falcon

Konsul Kehormatan Islandia di Indonesia, Maxi Gunawan, menerima anugerah Order of The Falcon dari Pemerintah Republik Islandia.

Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
Pemerintah Islandia Anugerahi Maxi Gunawan Order of The Falcon
Istimewa
Konsul Kehormatan Islandia di Indonesia, Maxi Gunawan (kedua kiri) setelah menerima anugerah Order of The Falcon dari Pemerintah Republik Islandia. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Konsul Kehormatan Islandia di Indonesia, Maxi Gunawan, menerima anugerah Order of The Falcon dari Pemerintah Republik Islandia.

Medali penghargaan tersebut langsung disemat Presiden Islandia HE Gudni Th Johannesson kepada Maxi Gunawan di Reykjavik, Islandia, Kamis (21/10/2021).

"Kemarin Konsul Kehormatan Islandia di Indonesia Bapak Maxi Gunawan secara resmi dianugerahi Order of The Falcon," kata Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Islandia dalam keterangan resmi di akun facebooknya akhir pekan lalu.

Kemenlu Islandia pun mengungkap alasan pemerintahnya memberikan penghargaan kepada Maxi Gunawan.

Maxi Gunawan dinilai memiliki peran besar dalam membangun hubungan baik antara Islandia dan Indonesia.

"Atas pengabdiannya yang penuh dedikasi untuk kemajuan dan kepentingan Islandia di Indonesia, Pak Gunawan diangkat sebagai konsul kehormatan Islandia di Indonesia pada tahun 2008. Saat ini beliau memegang jabatan ketua umum asosiasi konsul kehormatan di Indonesia," ungkap keterangan tersebut.

Baca juga: Epidemiolog Islandia: Pemberlakuan Pembatasan Covid-19 Bisa Berlangsung Hingga 15 Tahun

Mendapatkan gelar itu, Maxi Gunawan mengaku sangat bersyukur karena merupakan orang Indonesia pertama yang mendapatkan penghargaan ini sejak resmi didirikan pada tahun 1921 melalui Dekrit Order of The Falcon.

"Saya menjadi Konsul Kehormatan Islandia karena direkomendasi oleh Drs Rezlan Ishar Jenie (Mantan Dubes RI untuk PBB di New York) dan Dr RM Marty M Natalagewa (Mantan Menteri Luar Negeri) kepada Menteri Luar Negeri Islandia saat ada pertemuan PBB," kata Maxi dalam keterangan yang diterima, Rabu (27/10/2021).

Pada tanggal 27 Februari 2021, Maxi secara aklamasi ditunjuk sebagai Ketua Umum Asosiasi Konsul Kehormatan di Indonesia menaungi lebih dari 100 Konsul Kehormatan yang mewakili beberapa negara.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas