Tribun

Profil Mayjen Untung Budiharto, Staf Khusus Baru Panglima TNI, Eks Sestama BNPT

Berikut ini profil Mayjen Untung Budiharto, Staf Khusus Panglima TNI yang baru. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Sestama BNPT.

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
Profil Mayjen Untung Budiharto, Staf Khusus Baru Panglima TNI, Eks Sestama BNPT
Kodam I/Bukit Barisan via TribunMedan
Untung Budiharto saat menjabat Kasdam I/Bukit Barisan. Berikut ini profil Mayjen Untung Budiharto, Staf Khusus Panglima TNI yang baru. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Sestama BNPT. 

TRIBUNNEWS.COM - Simak profil Mayjen Untung Budiharto yang dilantik menjadi Staf Khusus Panglima TNI, Senin (25/10/2021).

Baru-baru ini, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan mutasi dan promosi jabatan terhadap 108 perwira tinggi (pati).

Mutasi dan promosi ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/943/X/2021 tanggal 25 Oktober 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

"Telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 108 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 54 Pati TNI Angkatan Darat (AD), 26 Pati TNI Angkatan Laut (AL), dan 28 Pati TNI Angkatan Udara (AU)," ujar Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto, Selasa (26/10/2021), dilansir Tribunnews.

Dari 108 pati yang dimutasi dan mendapat promosi jabatan, Mayjen TNI Untung Budiharto menjadi satu diantaranya.

Sekretaris Utama BNPT Mayjen TNI Untung Budiharto bersama Direktur Strategi Keamanan Bakamla RI Laksamana Pertama Bakamla Joko Sutrisno pada Jumat (12/3/2021).
Sekretaris Utama BNPT Mayjen TNI Untung Budiharto bersama Direktur Strategi Keamanan Bakamla RI Laksamana Pertama Bakamla Joko Sutrisno pada Jumat (12/3/2021). (Humas BNPT)

Baca juga: Mutasi 108 Pati TNI: Pangdam Mulawarman dan Asintel KSAU Diganti, Ini Jabatan Baru Brigjen Junior

Baca juga: Dua Kapal Perang Pengangkut Tank Diserahkan Menhan kepada TNI AL

Ia ditunjuk menjadi Staf Khusus baru Panglima TNI.

Lulusan Akademi Militer tahun 1998 dari kecabangan Infanteri (Kopassus) ini sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Dikutip dari situs resmi BNPT, Untung dilanitik menjadi Sestama BNPT pada 13 Juli 2020 berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 107/TPA Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan BNPT.

Kala itu, Untung menggantikan Marsda TNI Dr A Adang Supriyadi.

Mengutip Kompas.com, di bulan Februari 2020, Untung dilantik menjadi Direktur Operasi dan Latihan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas