Tribun

PSI Tawarkan Gagasan Terkait Peran Indonesia dalam Menghadapi Krisis Iklim

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menawarkan gagasan soal peran dan cara Indonesia menyelamatkan dunia dari krisis iklim.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Adi Suhendi
PSI Tawarkan Gagasan Terkait Peran Indonesia dalam Menghadapi Krisis Iklim
Istimewa
Plt Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha, menawarkan gagasan soal peran dan cara Indonesia menyelamatkan dunia dari krisis iklim. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menawarkan gagasan soal peran dan cara Indonesia menyelamatkan dunia dari krisis iklim.

“Hutan kita, hutan Indonesia, bisa memberikan kontribusi besar menurunkan pemanasan global dengan menyerap lebih banyak karbon dioksida, Untuk menuju ke sana, PSI menawarkan sebuah gagasan,” kata Plt Ketua Umum DPP PSI, Giring Ganesha, dalam sebuah video yang tayang di akun media sosial, Sabtu (30/10/2021).

Data memperlihatkan, ada sekitar 10,6 juta hektar hutan lindung dan konservasi yang kini hanya menjadi semak belukar.

“Jika kita menanam kembali pohon di sana, dalam beberapa tahun lahan itu akan menjadi hutan yang akan menyerap 3,8 miliar ton karbon dioksida. Itu setara dengan 21 kali emisi karbon transportasi tahunan di Jakarta,“ kata Giring.

Untuk menyelamatkan bumi, setidaknya dengan dua cara.

Pertama, dengan energi terbarukan.

Baca juga: Bertemu PM Australia, Presiden Jokowi Bahas Vaksinasi, Pemulihan Ekonomi hingga Isu Perubahan Iklim

Kedua, dengan konservasi dan perlindungan hutan.

“Namun menurut kajian Badan Kebijakan Fiskal, investasi energi terbarukan akan memakan biaya sampai 240 miliar dolar AS. PSI mendukung upaya investasi energi terbarukan ini tapi kajian yang sama mengatakan konservasi dan perlindungan hutan dapat lebih ampuh menurunkan emisi dengan biaya 2% saja,” kata Giring.

Menurutnya, planet bumi bergantung kepada tiga hutan hujan tropis sebagai paru-paru.

Satu di Amazon Brasil, satu di Kongo, dan satu lagi di Indonesia.

Baca juga: Penguatan Pangan Perlu Untuk Menghadapi Perubahan Iklim Global

Untuk mewujudkan gagasan konservasi tersebut, perlu kerja sama, sebuah kerja besar menanam dan merawat lahan itu agar kelak menjadi hutan yang menyelamatkan dunia.

“Selain menyelamatkan hutan dan menjadikan Indonesia sebagai pahlawan penyelamat dunia, kerja bersama ini akan menjadi sumber lapangan pekerjaan baru yang bisa menyerap jutaan tenaga anak muda,“ katanya.

Giring mengajak anak-anak muda untuk turut merawat rumah masyarakat adat dan kekayaan satwa Indonesia seperti orang utan, harimau, badak, dan cenderawasih.

“Inilah sebuah pekerjaan besar yang akan membuat Indonesia diingat dunia: sebagai negara yang menyelamatkan bumi dari krisis iklim,“ ujar Giring.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas