Tribun

ILUNI UI dan Arogya Dorong Pemanfaatan Kecerdasan Buatan untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan

Perusahaan teknologi AI karya anak bangsa, Arogya.ai lahir untuk mendorong lebih intens pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan di rumah sakit

Penulis: Sanusi
Editor: Eko Sutriyanto
ILUNI UI dan Arogya Dorong Pemanfaatan Kecerdasan Buatan untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan
ist
Founder dan CEO Arogya.ai Victor Fungkong, saat penandatanganan kerja sama Arogya.ai dengan RSUI dan ILUNI UI di RSUI, Depok, Jawa Barat, Jumat (5/11/2021). Hadir dalam penandatangan tersebut Direktur Utama RSUI Astuti Giantini dan Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian. 

Laporan Wartawan Tribunnews,com, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK – Pandemi Covid-19 membuat layanan kesehatan menjadi sorotan publik dalam hal kecepatan dan ketepatan. Di sisi lain, kompleksitasnya semakin tinggi supaya bisa melayani dan mengobati pasien dengan baik. Pandemi sejatinya telah menguji kapasitas seluruh sumber daya layanan kesehatan di Indonesia.

Di tengah kondisi masih pandemi ini, layanan kesehatan publik dituntut mesti adaptif dengan memanfaatkan teknologi.

Penggunaan teknologi terkini dalam era Revolusi Industri 4.0 menjadi salah satu solusi, seperti pemanfaatan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di rumah-rumah sakit.

Apalagi ternyata negara-negara yang mampu mengelola dan keluar lebih cepat dari krisis kesehatan global memaksimalkan penggunaan teknologi termasuk di pusat layanan kesehatan seperti rumah sakit.

Maka itu, perusahaan teknologi AI karya anak bangsa, Arogya.ai, lahir untuk mendorong lebih intens pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan di rumah sakit Indonesia.

“Arogya hadir memberikan solusi untuk membantu optimalisasi management supply chain layanan kesehatan di Indonesia. Order manager, inventory manager dan h-commerce yang diciptakan Arogya merupakan AI supply chain layanan kesehatan pertama di Indonesia dan diciptakan di Indonesia untuk layanan kesehatan Indonesia yang lebih baik,” kata Founder dan CEO Arogya.ai Victor Fungkong, saat penandatanganan kerja sama Arogya.ai dengan RSUI dan ILUNI UI di RSUI, Depok, Jawa Barat, Jumat (5/11/2021).

Baca juga: Jangkau Daerah Pelosok, BPJS Kesehatan Hadirkan Mobile Customer Services Bagi Warga Wamena

Hadir dalam penandatangan tersebut Direktur Utama RSUI Astuti Giantini dan Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian.

Menurut Victor, Presiden Joko Widodo pada 2018 pernah menyampaikan agar rumah sakit bisa membangun sistem yang terintegrasi dan menjadi smart hospital, yang memanfaatkan teknologi inovatif secara ekstensif untuk meningkatkan kualitas perawatan dan pengalaman pasien sekaligus mengurangi biaya.

Dalam konteks smart hospital itu, teknologi AI mampu mendukung manajemen supply chain memaksimalkan administrasi dan operasional rumah sakit. Apalagi betapa vitalnya supply chain dalam sistim pelayanan rumah sakit.

Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas