Tribun

Virus Corona

Dituding Terlibat Bisnis PCR, Luhut dan Erick Thohir Punya Harta Rp745 M dan Rp2 T

Harta kekayaan Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN, Erick Thohir, mencapai Rp745 miliar dan Rp2 triliun.

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Tiara Shelavie
Dituding Terlibat Bisnis PCR, Luhut dan Erick Thohir Punya Harta Rp745 M dan Rp2 T
Dok. Kementerian Bidang Kemaritiman dan Investasi/Biro Pers Sekretariat Presiden
Luhut Binsar Pandjaitan dan Erick Thohir. Harta kekayaan Luhut dan Erick mencapai Rp745 miliar dan Rp2 triliun. Keduanya dituding terlibat bisnis PCR. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves), Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri BUMN, Erick Thohir, dituding terlibat dalam bisnis tes PCR.

Hal ini disampaikan mantan Direktur Publikasi dan Pendidikan Publik Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Agustinus Edy Kristianto, lewat Facebook pribadinya.

Dilansir Tribunnews, Edy mengungkapkan ada sejumlah nama menteri yang disebut terafiliasi dengan bisnis PCR, yakni Luhut dan Erick.

Keduanya diduga terlibat dalam pendirian perusahaan penyedia jasa tes PCR, PT Genomik Solidaritas Indonesia (GSI).

Edy menjelaskan, PT GSI lahir dari PT Tiba Bumi Energi dan PT Toba Sejahtera, anak PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) yang sebagian kecil sahamnya dimiliki Luhut.

Tenaga kesehatan Puskesmas Kecamatan Menteng melakukan tes usap antigen dan PCR gratis kepada warga dalam pelaksaan Program Seruling di Masjid Jami Assuhaimah, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (9/9/2021). Program yang dinamakan Seruling (Swab Seru Keliling) itu dilaksanakan setiap Selasa, Kamis, dan Jumat di lokasi yang berbeda-beda yang bertujuan untuk memutus penularan Covid-19 dari orang tanpa gejala. Tribunnews/Jeprima
Tenaga kesehatan Puskesmas Kecamatan Menteng melakukan tes usap antigen dan PCR gratis kepada warga dalam pelaksaan Program Seruling di Masjid Jami Assuhaimah, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (9/9/2021). Program yang dinamakan Seruling (Swab Seru Keliling) itu dilaksanakan setiap Selasa, Kamis, dan Jumat di lokasi yang berbeda-beda yang bertujuan untuk memutus penularan Covid-19 dari orang tanpa gejala. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Baca juga: POPULER NASIONAL Hasil Fit and Proper Test Jenderal Andika | Jokowi Diminta Panggil Luhut dan Erick

Baca juga: Luhut dan Erick Thohir Dituduh Bermain Bisnis PCR, Jokowi Diminta Turun Tangan: Segera Panggil

Selain itu, PT GSI juga dilahirkan PT Yayasan Adaro Bangun Negeri yang berkaitan dengan PT Adaro Energy Tbk (ADRO), dimana 6,18 persen sahamnya milik Boy Thohir, saudara Erick.

Luhut sendiri telah membantah tudingan tersebut lewat akun Instagram pribadinya, Kamis (4/11/2021).

Lewat unggahannya, Luhut menegaskan ia tidak mengambil keuntungan pribadi dari bisnis PT GSI.

Lantaran, PT GSI yang merupakan perusahaan kewirausahaan sosial tidak bertujuan mencari profit bagi pemegang saham.

"Saya tidak pernah sedikit pun mengambil keuntungan pribadi dari bisnis yang dijalankan PT Genomik Solidaritas Indonesia," jelas Luhut, dikutip Tribunnews.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas