Tribun

Survei: Pencari kerja di Indonesia Cenderung Cari Informasi Pekerjaan Melalui Situs dan Aplikasi

Aspek yang dianggap paling penting bagi para pencari kerja di masa pandemi adalah stabilitas perusahaan, pendapatan dan jenis pekerjaannya.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Survei: Pencari kerja di Indonesia Cenderung Cari Informasi Pekerjaan Melalui Situs dan Aplikasi
https://www.freepik.com/
Ilustrasi lowongan kerja oktober 2020 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Survei terbaru yang dilakukan Job2Go menemukan kantor yang keren dan kekinian belum tentu menjadi aspek utama bagi para pencari kerja.

Aspek yang dianggap paling penting bagi para pencari kerja di masa pandemi adalah stabilitas perusahaan, pendapatan dan jenis pekerjaannya.

Perusahaan yang paling diminati adalah BUMN (50 persen), perusahaan swasta asing (30 persen), dan startup lokal (20 persen).

Dari hasil survei, 10 besar perusahaan impian para pencari kerja adalah kombinasi antara BUMN/Pemerintah, startup lokal, dan perusahaan swasta ternama.

Survei dilakukan untuk mengetahui tren dan perilaku pencari kerja di Indonesia selama masa pandemi COVID-19 pada tahun 2021.

Untuk survei ini, Job2Go sebuah startup yang menyediakan akses pekerjaan dan keuangan ini menggandeng Survego.com yang diikuti oleh 426 responden pencari kerja dan pekerja dengan rentang usia 20 tahun sampai 41 tahun pada di sejumlah kota besar di Indonesia.

Founder dan CEO Job2Go.net, Kurniawan Santoso mengatakan, hasil survei menunjukkan, tren pencari kerja di Indonesia paling banyak memanfaatkan situs atau aplikasi pencarian kerja untuk mencari lowongan pekerjaan beserta perusahaan yang membuka lowongan.

Baca juga: Lion Air Group Buka Lowongan Kerja Pramugari dan Pramugara, Lulusan SMA bisa Mendaftar

"Saat ini tren pencari Indonesia lebih menyukai mendaftar pekerjaan melalui aplikasi lowongan pekerjaan seperti Job2Go, dikarenakan cara mendaftar yang mudah dan bisa mendaftar ke sekaligus banyak lowongan pekerjaan" lanjutnya.

Setidaknya ada 4 bidang pekerjaan yang paling diminati di masa pandemi Covid-19; diantaranya bidang Bisnis dan Manajemen, sales dan marketing, HRD, dan Operasional.

Sedangkan bidang pekerjaan yang paling sedikit diminati adalah pertanian dan pertukangan. 

"Posisi-posisi paling diminati tersebut terpilih karena menurut hasil survei, para pencari kerja di masa pandemi lebih menyukai pekerjaan full-time dibandingkan volunteer atau pekerjaan kontrak." imbuhnya.

Tiga faktor utama dalam memilih tempat bekerja yaitu pekerjaan sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki, gaji dan tunjangan yang memuaskan, dan stabilitas perusahaan dan pekerjaannya.

Baca juga: Lowongan Kerja PT Telkom: Tersedia 4 Formasi, Dibuka hingga 31 Desember 2021

“Pengaruh sosial media dalam career path membuat para pencari kerja menyadari bahwa pekerjaan harus sesuai dengan minatnya, sehingga faktor utama dalam memilih tempat bekerja adalah kesesuaian pekerjaan dengan minat dan kemampuan baru disusul dengan gaji.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas