Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Apa itu ANBK? Berikut Penjelasannya Dilengkapi Bentuk Soal dan Level Pembelajaran

ANBK atau Asesmen Nasional merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah

Penulis: Devi Rahma Syafira
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Apa itu ANBK? Berikut Penjelasannya Dilengkapi Bentuk Soal dan Level Pembelajaran
WARTA KOTA/WARTA KOTA/Angga Bhagya Nugraha
Berikut Penjelasan ANBK Dilengkapi dengan Bentuk Soal dan Level Pembelajaran, Selengkapnya dalam Artikel ini 

TRIBUNNEWS.COM - Dalam berita ini akan diterangkan mengenai Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK.

Asesmen Nasional merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Mengutip dari anbk.kemendikbud.go.id mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Baca juga: KISI-KISI Soal ANBK SD Kelas 1 2 3 4 5 6 Tahun 2021, Lengkap dengan Penjelasannya

Baca juga: Kisi-kisi ANBK dan Contoh Soalnya, Klik pusmenjar.kemdikbud.go.id untuk Simulasi AKM

PTM PELAJAR SMP KOTA TANGERANG - Siswa SMP Negeri 1 Kota Tangerang sedang mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, Senin (13/9/2021). Proses pembelajaran berlangsung lancar dan diawali dengan pemberian motivasi belajar dilanjutkan dengan materi pelajaran yang disertai dengan prokes yang ketat. PTM di Kota Tangetang, diikuti 40 sekolah SMP negeri maupun swasta dari total 200 SMP yang ada. WARTA KOTA/NUR ICHSAN
PTM PELAJAR SMP KOTA TANGERANG - Siswa SMP Negeri 1 Kota Tangerang sedang mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, Senin (13/9/2021). Proses pembelajaran berlangsung lancar dan diawali dengan pemberian motivasi belajar dilanjutkan dengan materi pelajaran yang disertai dengan prokes yang ketat. PTM di Kota Tangetang, diikuti 40 sekolah SMP negeri maupun swasta dari total 200 SMP yang ada. WARTA KOTA/NUR ICHSAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

Berikut Penjelasan Tiga Instrumen Utama:

1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.

BERITA TERKAIT

a. Literasi membaca didefiniasikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengembangkan, mengevaluasi berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

b. Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

2. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.

3. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Bentuk soal Asesmen Nasional

Berikut bentuk soal Asesmen Nasional yang dikutip dari ditsmp.kemendikbud.go.id

1. Pilihan ganda

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas