Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Sejarah Hari Guru Nasional yang Diperingati Setiap Tanggal 25 November

Peringatan Hari Guru Nasional dirayakan setiap satu tahun sekali, yakni pada tanggal 25 November, ini sejarah, tema, dan logo peringatan HGN 2021.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Ini Sejarah Hari Guru Nasional yang Diperingati Setiap Tanggal 25 November
Kemendikbud
Logo Hari Guru Nasional 2021 - Berikut sejarah Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November. 

TRIBUNNEWS.COM - Peringatan Hari Guru Nasional dirayakan setiap satu tahun sekali, yakni pada tanggal 25 November memiliki sejarah yang panjang.

Peringatan ini tidak dapat dilepaskan dari berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Lantas bagaimana sejarah Hari Guru Nasional?




Dikutip dari pgri.or.id, sebelum bernama PGRI, awalnya organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada zaman Belanda bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang berdiri pada tahun 1912.

Tidak mudah bagi PGHB memperjuangkan nasib para anggotanya yang memiliki pangkat, status sosial, dan latar belakang pendidikan yang berbeda.

Pada tahun 1932, nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Perubahan nama ini mengejutkan pemerintah Belanda, karena kata "Indonesia" yang mencerminkan semangat kebangsaan sangat tidak disenangi oleh Belanda.

Baca juga: 50 Twibbon Hari Guru Nasional 25 November 2021, Lengkap dengan Cara Unggah di Media Sosial

BERITA TERKAIT

Sebaliknya, kata "Indonesia" ini sangat didambakan oleh guru dan bangsa Indonesia.

Pada zaman pendudukan Jepang, segala organisasi dilarang, sekolah ditutup, hingga Persatuan Guru Indonesia (PGI) tidak dapat lagi melakukan aktivitas.

Lalu, semangat proklamasi 17 Agustus 1945 mendorong penyelenggaraan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta.

Melalui kongres ini, segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama dan suku, sepakat dihapuskan.

Kemudian pada tanggal 25 November 1945, seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

Sejak Kongres Guru Indonesia itu, semua guru Indonesia menyatakan dirinya bersatu di dalam wadah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Jiwa pengabdian, tekad perjuangan, dan semangat persatuan dan kesatuan PGRI yang dimiliki secara historis terus dipupuk dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas