Tribun

Ricuh Hingga Keroyok Polantas, Polisi Ingatkan Pemuda Pancasila Jangan Bertindak di Atas Hukum

Polda Metro Jaya sangat menyayangkan unjuk rasa ormas Pemuda Pancasila di depan Gedung DPR berakhir ricuh. Diingatkan jangan berlaku diatas hukum

Penulis: Fandi Permana
Editor: Wahyu Aji
Ricuh Hingga Keroyok Polantas, Polisi Ingatkan Pemuda Pancasila Jangan Bertindak di Atas Hukum
TribunJakarta.com/ Satrio Sarwo Trengginas
Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Hengki Haryadi meminta massa ormas yang melakukan pengeroyokan menyerahkan diri pada Kamis (25/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya sangat menyayangkan unjuk rasa ormas Pemuda Pancasila di depan Gedung DPR berakhir ricuh hingga melukai seorang anggota polisi lalu lintas.

Kabid Humas Polda Metro Kombes Endra Zulpan menyebut ormas berseragam loreng jingga itu merasa dirinya ada di atas hukum.

Pernyataan bernada kritik itu merupakan ungkapan agas terlukanya anggota polisi yakni AKBP Dermawan Karosekali yang menjabat Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya dikeroyok hingga mengalami luka bacok di kepala.

"Ormas PP dalam kegiatan hari ini seolah-olah menempatkan mereka di atas para hukum. Mereka bernai melawan aparat penegak hukum yang bukan lawan mereka, tapi aparat yang amankan kegiatan mereka," kata Zulpan dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Kamis (25/11/2021).

Zulpan juga menyampaikan dengan tegas bahwa tidak ada satu pun organisasi yang boleh menempatkan dirinya di atas hukum.

Semua ormas wajib mematuhi aturan hukum dalam menjalankan kegiatannya.

Baca juga: Amankan Puluhan Anggota Ormas Pemuda Pancasila, Polisi Temukan Dua Butir Peluru dan Senjata Tajam

"Tidak boleh ada organisasi manapun yang menempatkan dirinya di atas hukum, ini perlu jadi catatan kita," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa Polda Metro Jaya memegang prinsip agar senantiasa menjunjung tinggi supremasi hukum. Aksi unjuk rasa telah diatur dalam undang-undang dan tak boleh diwarnai aksi anarkis dalam setiap kegiatan demonstrasi.

Polda Metro Jaya langsung menangkap puluhan anggota ormas Pemuda Pancasila (PP) yang menjadi pelaku rusuh dalam demo di depan gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat.
Polda Metro Jaya langsung menangkap puluhan anggota ormas Pemuda Pancasila (PP) yang menjadi pelaku rusuh dalam demo di depan gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat. (Tribunnews.com/Fandi Permana)

"Apabila kegiatan unjuk rasa mengarah pada kegiatan-kegiatan anarkis ini yang akan kita lakukan penindakan hukum," tegas Zulpan.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas