Tribun

Penangkapan Terduga Teroris

Terima Rp 15 Miliar Setahun, Densus 88 Ungkap Pendanaan JI Melalui Syam Organizer dan BM ABA

Bernilai Fantastis, Densus : Pendanaan JI Melalui Syam Organizer dan BM ABA Mencapai Rp 15 Miliar Pertahun.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Wahyu Aji
Terima Rp 15 Miliar Setahun, Densus 88 Ungkap Pendanaan JI Melalui Syam Organizer dan BM ABA
TRIBUNNEWS.COM/RIZKI SANDI SAPUTRA
Kepala Bagian Bantuan Operasi Densus 88 Mabes Polri Kombes Pol Aswin Siregar (kanan) saat Konferensi Pers di Gedung Divisi Humas Mabes Polri, Kamis (25/11/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri masih terus menyelidiki sumber pendanaan kelompok jaringan terorisme Jamaah Islamiyah (JI) yang diketahui bersumber dari 2 organisasi.

Kedua organisasi yang dijadikan lembaga pendanaan oleh JI itu yakni Syam Organizer dan Lembaga Amil Zakat Badan Mal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA).

Bahkan kata Kepala Bagian Bantuan Operasi Densus 88 Kombes Pol Aswin Siregar, berdasarkan hasil pemeriksaan, lembaga pendanaan Syam Organizer alias Syam Abadi itu berhasil menyokong dana untuk JI hingga Rp 15 Miliar pertahun.

"Contohnya Syam ini terungkap dalam pemeriksaan, pendapatannya hampir Rp 15 miliar per tahun. Itu baru yang masuk dalam hitungan laporan keuangan," kata Aswin dalam konferensi pers di Gedung Divisi Humas Mabes Polri, Kamis (25/11/2021).

Aswin menyatakan, jumlah tersebut bahkan kemungkinan bisa lebih fantastis, hal ini karena kata dia, pihaknya mencurigai adanya dugaan laporan keuangan yang tak dicatat.

"Karena kita tahu dengan sistem sel terputus yang mereka buat, dengan menghindari pencatatan-pencatatan atau record yang formal. Jumlah ini bisa lebih fantastis dibandingkan dengan apa yang bisa diungkap lewat laporan," jelasnya.

Baca juga: MUI Pastikan Penangkapan Terhadap Teroris Bukan Bentuk Kriminalisasi Ulama atau Islamophobia

Tak hanya melalui Syam Organizer, JI juga mendapatkan pendanaan dari LAZ BM ABA, berdasarkan hasil pemeriksaan, Densus 88 mengungkap organisasi lembaga pendanaan itu bisa menghasilkan hingga Rp 14 Miliar pertahun.

"Di BM ABA juga tidak jauh beda itu sekitaran Rp14 miliar pertahun," ucap Aswin.

Aswin lantas memberikan datanya ketika tim penyidik melakukan penggeledahan di Kantor Syam Organizer.

Halaman
123
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas