Tribun

217 Ribu Personil Bakal Kawal Pengamanan PPKM Level 3 Saat Libur Natal dan Tahun Baru

217 ribu personel gabungan dari unsur TNI-Polri akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan selama PPKM level 3 saat libur natal dan tahun baru.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Adi Suhendi
217 Ribu Personil Bakal Kawal Pengamanan PPKM Level 3 Saat Libur Natal dan Tahun Baru
Tribun Jabar/ZELPHI
Ilustrasi pelaksanaan PPKM Level 3. 217 ribu personel gabungan dari unsur TNI-Polri akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan selama PPKM level 3 saat libur natal dan tahun baru. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - 217 ribu personel gabungan dari unsur TNI-Polri akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 saat libur natal dan tahun baru (Nataru).

"Kami libatkan seluruh Indonesia, sekitar 217 ribu. TNI juga mempersiapkan personilnya, Satpol PP, dan jajaran kesehatan juga mempersiapkan, dan stakeholder terkait lainnya," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (26/11/2021).

Dijelaskan, Polri akan menggelar Operasi Lilin untuk melakukan pengamanan libur Nataru terhitung mulai 20 Desember hingga 2 Januari 2022.

Polri, kata Dedi, mengimbau agar masyarakat tidak berpergian atau mudik jika tidak dalam keadaan mendesak.

Apalagi, Polri melihat antusiasme masyarkat untuk mudik masih besar dalam libur Nataru tahun ini.

"Mengimbau kepada masyarakat untuk tidak bepergian, dan mudik apabila tidak mendesak. Ini sudah kita lakukan riset oleh Menhub, dari hasil survey yang dilakukan Menhub kepada seluruh masyarakat apabila ada larangan untuk atau imbauan untuk mudik. Tanggapan masyarakat berapa persen? masyarakat 70 persen akan mau mudik, tapi 30 persen memilih untuk tetap di rumah," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Kepolisian RI memastikan pihaknya akan membuat posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh pintu tol di Indonesia.

Baca juga: Luhut Buka Suara Adanya Penolakan PPKM Level 3 Saat Nataru hingga Singgung Soal Karantina Wisatawan

Tak hanya itu, Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan akses perbatasan antar wilayah juga nantinya akan dibuat posko PPKM. Nantinya, posko itu sebagai cek poin yang diawasi Polri, TNI hingga Satpol PP.

"Polri juga di seluruh-seluruh pintu-pintu tol dan jalur-jalur akses tertentu perbatasan antar wilayah itu ada pos sebagai cek poin," kata Dedi.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas