Tribun

Penanganan Covid

Masa Karantina WNI dari Luar Negeri Diperpanjang Jadi 7 dan 14 Hari, Simak Ketentuannya

Simak ketentuan aturan masa karantina bagi WNI yang berasal dari luar negeri, masa karantina diperpanjang menjadi 7 dan 14 hari.

Penulis: Kristina Wulandari
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Masa Karantina WNI dari Luar Negeri Diperpanjang Jadi 7 dan 14 Hari, Simak Ketentuannya
Kompas.com
Simak ketentuan aturan lama masa karantina bagi WNI yang berasal dari luar negeri, masa karantina diperpanjang menjadi 7 dan 14 hari. 

TRIBUNNEWS.COM - Simak ketentuan aturan lama masa karantina bagi WNI yang berasal dari luar negeri karena imbas varian Omicron, masa karantina diperpanjang menjadi 7 dan 14 hari.

Pemerintah memperketat peraturan perjalanan bagi pelaku perjalanan Internasional karena ditemukan adanya varian baru SARS-CoV-2 B.1.1.529 di Afrika Selatan atau varian Omicron yang telah meluas persebarannya ke beberapa negara di dunia.

Peraturan ini termasuk lama masa karantina pelaku perjalanan dari luar negeri.

Pemerintah melakukan penyesuaian mekanisme pengendalian terhadap perjalanan internasional sebagai upaya memproteksi Warga Negara Indonesia (WNI) dari kasus importasi dengan melarang WNA dari 11 negara ini untuk masuk ke Indonesia dan mengubah ketentuan lama masa karantina bagi WNI dari luar negeri.

Baca juga: Daftar 11 Negara yang Dilarang Masuk Indonesia Terkait Adanya Covid-19 Varian Omicron

Selain itu, peraturan ini juga berdasarkan pada penetapan WHO mengenai varian SARSCoV-2 B.1.1.529 sebagai variant of concern (VOC) dan merekomendasikan bagi seluruh negara untuk meningkatkan upaya mitigasi risiko penularan kasus importasi serta menerapkan pengaturan perjalanan internasional berbasis risiko.

Peraturan lama masa karantina terbaru, larangan WNA dari 11 negara serta peraturan perjalanan internasional mulai berlaku pada Senin 29 November 2021.

Penetapan lama masa karantina, pelarangan WNA dari 11 negara yang dilarang masuk ke Indonesia serta pengetatan syarat perjalanan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Nomor 23 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

"Surat Edaran ini berlaku efektif mulai tanggal 29 November 2021 sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian. Dengan berlakunya Surat Edaran ini, maka Surat Edaran Nomor 20 Tahun 2021 serta Addendum Surat Edaran Nomor 20 Tahun 2021 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku," ditegaskan dalam SE yang ditandatangani oleh Mayjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M. selaku Ketua Satgas COVID-19.

Daftar WNA dari 11 negara yang dilarang masuk ke Indonesia

Dikutip dari SE No 23 Tahun 2021, berikut daftar negara yang dilarang masuk ke Indonesia terkait adanya Covid-19 varian Omicron:

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas