Tribun

Polri Waspadai Gangguan Kamtibmas Jelang HUT OPM Papua

Brigjen Ramdani Hidayat mengatakan pihaknya telah melakukan langkah antisipasi dan monitoring setiap kegiatan masyarakat.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Hasanudin Aco
Polri Waspadai Gangguan Kamtibmas Jelang HUT OPM Papua
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Organisasi Papua Merdeka 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri mewaspadai adanya potensi gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2021 mendatang.

Kepala Operasi Satgas Nemangkawi, Brigjen Ramdani Hidayat mengatakan pihaknya telah melakukan langkah antisipasi dan monitoring setiap kegiatan masyarakat.

"Kalau antisipasi, kita monitor saja kegiatan masyarakat dan tingkatkan kewaspadaan. Kalau imbauan mungkin yang menyampaikan dari Polda saja," kata Ramdani kepada wartawan, Selasa (30/11/2021).

Baca juga: Polisi Jualan Rokok di Papua Bentrok dengan Anggota Kopassus, Kompolnas Soroti Gaji Anggota

Di sisi lain, pihaknya juga berencana untuk mempertebal jumlah personel yang bertugas di Papua. Hingga saat ini, pihaknya masih sedang memaksimalkan jumlah personel yang telah beroperasi.

"Kalau penebalan tidak ada, kita maksimalkan personel yang ada saja," tukasnya.

Sebagai informasi, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) sebelumnya mengeluarkan ultimatum terhadap pemerintah dan warga sipil di daerah Papua.

Ulitimatum itu disampaikan Panglima Tentara OPM wilayah Yahukimo, Elkius Kobak menjelang 1 Desember yang diklaim sebagai peringatan Kemerdekaan Papua Barat.

OPM menetapkan daerah Yahukimo sebagai medan perang pembebasan nasional bangsa Papua untuk merebut kemerdekaan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas