Tribun

Hari Disabilitas Internasional

Hari Disabilitas Internasional 2021: Cara Berinteraksi dan Membantu Tunanetra

Berikut ini 8 cara berinteraksi dan membantu tunanetra yang bisa Anda lakukan sebagai upaya memberikan sokongan kepada penyandang disabilitas.

Penulis: Kristina Wulandari
Editor: Wahyu Gilang Putranto
Hari Disabilitas Internasional 2021: Cara Berinteraksi dan Membantu Tunanetra
Kemensos
Logo peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021 - Berikut ini 8 cara berinteraksi dan membantu tunanetra yang bisa Anda lakukan sebagai upaya memberikan sokongan kepada penyandang disabilitas. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini 8 cara berinteraksi dan membantu tunanetra yang bisa Anda lakukan sebagai upaya memberikan sokongan kepada penyandang disabilitas.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) setiap tahun adalah untuk menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi penyandang disabilitas.

Peringatan HDI yaitu peringatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma terhadap penyandang disabiitas dan memberikan sokongan untuk meningkatkan kemandirian serta kesamaan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

Baca juga: 10 Link Twibbon Hari Disabilitas Internasional 3 Desember 2021 Lengkap Cara Membuatnya

Dikutip dari Kementerian Sosial RI, tujuan dari peringatan HDI selaras dengan tema HDI tahun 2021 yaitu "Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca Covid-19".

Penyandang disabilitas merupakan setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama.

Penyandang disabilitas dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif ketika berinteraksi dengan lingkungannya.

Mengutip dari RSUP dr Soeradji, kata “disabilitas” tidak lain adalah kata “cacat” yang selama ini di gunakan oleh orang-orang untuk menyebut orang yang kekurangan fisik atau mental.

Oleh karena kata “penyandang cacat” mengandung makna konotasi negatif, maka bahasa tersebut di ubah dan diperhalus menjadi “penyandang disabilitas”.

Salah satu penyandang disabilitas adalah tunanetra.

Ilustrasi penyandang disabilitas tunanetra
Penyandang disabilitas tunanetra (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

Cara Berinteraksi dan Membantu Tunanetra

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas