Tribun

Hari Disabilitas Internasional

Sejarah Hari Disabilitas Internasional 3 Desember, Berikut Link Twibbon, Tema, dan Logonya

Hari Disabilitas Internasional diperingati pada tanggal 3 Desember setiap tahunnya. Simak sejarah, tema, logo, dan link twibbonnya berikut ini.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Inza Maliana
Sejarah Hari Disabilitas Internasional 3 Desember, Berikut Link Twibbon, Tema, dan Logonya
Tangkapan Layar kemenpppa.go.id
Ilustrasi - Orang Penyandang Disabilitas 

TRIBUNNEWS.COM - Simak sejarah, tema, logo hingga link twibbon peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021.

Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap tanggal 3 Desember.

Mengutip who.int, Hari Disabilitas Internasional ini merupakan momentum untuk mendukung hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas.

Sejarah Singkat Hari Disabilitas Internasional 2021

Dikutip dari Kemenpppa.go.id, penyandang disabilitas sendiri merupakan orang yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan

Mengutip idpwd.org, pada awalnya tahun 1900-an, Orang dengan kesulitan belajar dikategorikan dalam undang-undang internasional sebagai 'idiot', 'bodoh', 'lemah pikiran' atau 'cacat moral.

Kemudian pada tahun 1939, dimulailah pembunuhan sistematis terhadap penyandang disabilitas di Nazi Jerman melalui euthanasia paksa, yang menyebabkan sekitar 275.000 kematian.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film untuk Peringati Hari Disabilitas Internasional: The King’s Speech & Forrest Gump

Dan kemudian pada 1970, Inggris adalah negara pertama di dunia yang meloloskan dan yang mengakui hak-hak penyandang disabilitas, dan mencakup penyediaan bantuan kesejahteraan, perumahan serta persamaan hak atas fasilitas rekreasi dan pendidikan.

Barulah pada tahun 1971 terjadi konvensi PBB tentang hak-hak orang terbelakang mental, dan disusul pada tahun 1975 juga terjadi konvensi PBB tentang hak-hak penyandang disabilitas.

Hingga pada akhirnya pada 1992, diproklamasikan oleh PBB adanya peringatan Hari Penyandang Disabilitas Internasional pada tanggal 3 Desember, dan berlaku hingga saat ini.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas