Tribun

Mabes Polri Ingatkan Kapolda dan Kapolres Untuk Lebih Hati-hati Sowan ke Ormas Pembuat Onar

Mabes Polri mengingatkan Kapolda hingga Kapolres lebih berhati-hati untuk tak sowan ke Ormas yang dikenal kerap berbuat onar.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Adi Suhendi
Mabes Polri Ingatkan Kapolda dan Kapolres Untuk Lebih Hati-hati Sowan ke Ormas Pembuat Onar
Tribunnews.com/ Vincentius Jyestha
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri mengingatkan Kapolda hingga Kapolres lebih berhati-hati dalam bertugas dan menjaga marwah institusi untuk tak sowan ke organisasi masyarakat (Ormas) yang dikenal kerap berbuat onar.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan instruksi ini untuk merespons sindiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta Kapolda hingga Kapolres yang kerap sowan kepada pimpinan ormas pembuat onar.

"Pada prinsipnya hal tersebut merupakan peringatan bagi para Kasatwil untuk lebih berhati-hati dan tetap menjaga marwah dan profesional dalam bertugas," kata Dedi saat dikonfirmasi, Jumat (3/12/2021).

Dedi menuturkan pihaknya berkomitmen untuk menindak tegas bagi anggota Polri yang dinilai bersalah.

Dia mengingatkan kinerja setiap anggota akan dievaluasi pimpinan Polri.

"Komitmen pimpinan Polri akan menindak tegas siapa saja anggota Polri yang terbukti bersalah," katanya.

Baca juga: Satu Korban Penembakan di Exit Tol Bintaro Masih Jalani Rawat Inap di RS Polri Kramat Jati 

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku heran dengan sikap sejumlah kapolda hingga kapolres yang baru dilantik malah sowan ke pimpinan organisasi masyarakat (ormas) yang dikenal kerap terlibat keributan.

Teguran itu disampaikan Presiden Jokowi dalam arahannya kepada Kepala Kesatuan Wilayah Polri dan TNI di Bali, Jumat (3/12/2021).

Jokowi mulanya mengaku sudah lama ingin mempertanyakan masalah ini kepada jajaran kepolisian.

"Saya sudah lama sekali ingin menyampaikan, ada Kapolda baru, ada Kapolres baru, malah datang kepada sesepuhnya ormas yang sering membuat keributan. Benar ini?" tanya Jokowi kepada peserta acara.

Baca juga: Kapolri Minta Anggota Polisi Hindari Gaya Hidup Berlebihan Agar Tidak Timbulkan Kecemburuan

Presiden Joko Widodo pun mengingatkan soal kewibawaan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) saat memberikan arahan tersebut. Jokowi meminta agar ketegasan dan kewibawaan tidak hilang dari Polri.

"Ketegasan itu juga jangan hilang dari Polri. Kewibawaan juga jangan hilang dari Polri. Saya sudah lama sekali ingin menyampaikan, ada Kapolda baru, ada Kapolres baru, malah datang kepada sesepuhnya ormas yang sering membuat keributan," ujar Jokowi.

"Bener ini? (Lalu) saya tanya ke Kapolres. Kenapa bapak melakukan ini? (Dijawab) supaya kotanya kondusif. Tapi apakah cara itu betul? Hati-hati jangan menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum," katanya.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas