Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tanggapan PP Soal Imbauan Mabes Polri ke Kapolda dan Kapolres Berhati-hati saat Sowan ke Ormas : 

Terlebih kata dia, kebijakan yang diberikan Kapolri adalah sifatnya secara nasional yang berarti berlaku untuk seluruh wilayah kepolisian.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Tanggapan PP Soal Imbauan Mabes Polri ke Kapolda dan Kapolres Berhati-hati saat Sowan ke Ormas : 
Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com
Ilustrasi: Presiden Joko Widodo saat menghadiri Peresmian Pembukaan Musyawarah Besar X Pemuda Pancasila di Jakarta, Sabtu (26/10/2019). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Pancasila (PP) merespons terkait adanya imbauan dari Mabes Polri kepada Kapolda hingga Kapolres untuk lebih berhati-hati saat sowan ke ormas yang kerap buat gaduh.

Wakil Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW PP) Lasman Napitupulu menilai imbauan yang dilayangkan oleh pihak Mabes Polri merupakan hal-hal yang sah-sah saja.

"Jadi wewenang dari mereka menurut saya sah-sah saja, karena kan mereka juga penindak kamtibmas juga," katanya saat dikonfirmasi Tribunnews.com, Jumat (3/12/2021).

Lebih lanjut kata Lasman, imbauan yang diberikan oleh Mabes Polri tersebut juga dinilai wajar.

Terlebih kata dia, kebijakan yang diberikan Kapolri adalah sifatnya secara nasional yang berarti berlaku untuk seluruh wilayah kepolisian.

Baca juga: Irwasum Polri: Tak Perlu Malu Minta Maaf Jika Memang Bersalah

"Tanggapan beliau saya rasa sudah tepat, namanya Kapolri bikin kebijakan pasti secara nasional kan, pikiran mereka mungkin saya ga terlalu masuk deh," tukasnya.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Mabes Polri mengingatkan Kapolda hingga Kapolres lebih berhati-hati dalam bertugas dan menjaga marwah institusi untuk tak sowan ke organisasi masyarakat (Ormas) yang dikenal kerap berbuat onar.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan instruksi ini untuk merespons sindiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta Kapolda hingga Kapolres yang kerap sowan kepada pimpinan ormas pembuat onar.

"Pada prinsipnya hal tersebut merupakan peringatan bagi para Kasatwil untuk lebih berhati-hati dan tetap menjaga marwah dan profesional dalam bertugas," kata Dedi saat dikonfirmasi, Jumat (3/12/2021).

Dedi menuturkan pihaknya berkomitmen untuk menindak tegas bagi anggota Polri yang dinilai bersalah. Dia mengingatkan kinerja setiap anggota akan dievaluasi oleh pimpinan Polri.

"Komitmen pimpinan Polri akan menindak tegas siapa saja anggota Polri yang terbukti bersalah," tukasnya.

Baca juga: Polda Metro Tanggapi Teguran Keras Presiden Jokowi soal Kapolres dan Kapolda Sowan ke Ormas

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku heran dengan sikap sejumlah kapolda hingga kapolres yang baru dilantik malah sowan ke pimpinan organisasi masyarakat (ormas) yang dikenal kerap terlibat keributan.

Teguran itu disampaikan Presiden Jokowi dalam arahannya kepada Kepala Kesatuan Wilayah Polri dan TNI di Bali, Jumat (3/12/2021).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas