Tribun

Virus Corona

Munculnya Varian Omicron Mulai Mempengaruhi Kesehatan Pikiran Masyarakat

Rasa was-was dan ketakutan dapat merusak sistem imun tubuh sehingga tak mampu membentengi pertahanan kesehatan.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Dewi Agustina
Munculnya Varian Omicron Mulai Mempengaruhi Kesehatan Pikiran Masyarakat
digi24.ro
Ilustrasi varian baru Covid-19, Omicron 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Varian baru virus Covid-19, Omicron mulai jadi pandemi di sejumlah negara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut Omicron sebagai salah satu virus Corona yang sangat menular dan punya risiko infeksi ulang tinggi dibanding varian lainnya.

Indonesia termasuk negara yang kembali menerapkan pembatasan ketat aktivitas sosial guna mencegah penularan varian Omicron di pengujung tahun 2021.

Pemerintah bahkan telah meningkatkan status PPKM kembali ke level 2 di sejumlah daerah, dan menggenjot vaksinasi untuk pembentukan antibodi terhadap Covid-19.

Kondisi kehidupan sosial ekonomi tersebut membuat sebagian besar masyarakat tertekan karena situasi pandemi yang tak berujung.

"Tidak dapat dipungkiri, varian Covid-19 Omicron, mulai mempengaruhi alam pikiran masyarakat, sehingga rasa was-was, cemas, ketakutan dan emosi menjadi tidak terkontrol sehingga membuat jiwa dan raganya sakit," kata founder Emotional Freedom Tehniques (EFT) Center, Eddy Iskandar dalam keterangannya, Sabtu (4/12/2021).

Eddy mengatakan jika dikaitkan dengan ilmu kejiwaan, rasa was-was dan ketakutan dapat merusak sistem imun tubuh sehingga tak mampu membentengi pertahanan kesehatan.

Imun atau daya tahan tubuh yang lemah, bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh dan kesehatan seseorang, sehingga penyakit dapat masuk ke tubuh dengan mudah.

"Tidak banyak yang belum menyadari bahwasanya tubuh sejatinya adalah dokter terbaik bagi diri kita sendiri. Perlu keseimbangan hati dan pikiran untuk menghadirkan energi positif sebagai dokter pribadi dalam tubuh kita," jelas Eddy.

Baca juga: Ahli Duga Mutasi Varian Omicron Berasal dari Virus Flu Biasa

Mengendalikan hati, pikiran, emosi, jiwa seseorang dengan memadukan nilai ketuhanan dan budaya serta kondisi alam semesta menurutnya jadi cara alamiah bagi manusia untuk dapat tetap tenang menghadapi ragam persoalan duniawi.

Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas