Tribun

Guru Rudapaksa Santri

Berharap Korban Rudapaksa Oknum Guru Pesantren Dapat Perhatian, LPSK: Jangan Beri Stigma Negatif

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) turut menyoroti kasus perkosaan yang dilakukan pimpinan pondok pesantren di Bandung, Jawa Barat

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Wahyu Aji
Berharap Korban Rudapaksa Oknum Guru Pesantren Dapat Perhatian, LPSK: Jangan Beri Stigma Negatif
Ist
Ilustrasi LPSK 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) turut menyoroti kasus perkosaan yang dilakukan oknum guru sebuah pondok pesantren di Bandung, Jawa Barat.

LPSK berharap, seluruh santriwati yang menjadi korban aksi bejat Heri itu untuk terus mendapatkan perhatian. 

Wakil Ketua LPSK, Livia Istania Iskandar mengatakan, hal ini penting dilakukan mengingat kebutuhan korban tentunya masih sangat banyak mengingat korban masih berusia anak.

“Contohnya masalah pendidikan, tentunya harus kebutuhan tersebut perlu diperhatikan, khususnya dari Pemda setempat”, ujar Livia dalam keterangannya, setelah bertemu dengan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (8/12/2021) di Bandung.

Dalam pertemuan tersebut Livia menyampaikan perlunya memastikan seluruh santriwati yang menjadi korban tersebut bisa kembali bersekolah. 

Karena para korban masuk ke pesantren pada awalnya sebagai upaya melaksanakan proses pendidikan, namun karena sudah menjadi korban tentunya perlu dipastikan dimana para korban ini bisa melanjutkan pendidikan. 

Mirisnya kata dia, LPSK menemukan bahwa ada anak yang ditolak sekolah untuk bergabung dikarenakan mereka adalah korban perkosaan.

Baca juga: Trauma Berat, Korban Rudapaksa Guru Pesantren di Bandung Menjerit Saat dengar Suara Pelaku Diputar

Alhasil temuan tersebut langsung dilaporkan LPSK kepada Ridwan Kamil.

"Ini miris, karena sudah menjadi korban bukannya didukung malah tidak diterima untuk bersekolah. Temuan ini sudah kami sampaikan ke Gubernur Jabar untuk dilakukan upaya yang tepat bagi keberlangsungan pendidikan korban”, ungkap Livia.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas