Tribun

Laba BUMN Terus Meningkat, Pengamat Apresiasi Kinerja Menteri Erick Thohir

“Untuk itu, Pemerintah juga harus terus berupaya agar sektor-sektor kunci memberikan peran melalui kebijakan yang tepat sasaran," katanya.

Penulis: chaerul umam
Editor: Malvyandie Haryadi
Laba BUMN Terus Meningkat, Pengamat Apresiasi Kinerja Menteri Erick Thohir
Tribunnews/Herudin
Menteri BUMN Erick Thohir 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Pusat Studi BUMN dari FEB Universitas Hasanudin Makassar Mursalim Nohong memberikan apresiasi terhadap kinerja Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam melakukan transformasi BUMN yang sudah membuahkan hasil positif.

Hal itu terlihat dari laba bersih BUMN pada 2021 meningkat signifikan, sebelumnya di 2020, laba BUMN sebesar Rp. 13,29 triliun, kini hingga kuartal III 2021 laba BUMN melonjak mencapai Rp. 61 triliun.

“Capaian ini harus diapresiasi karena keberhasilan tersebut tidak terlepas dari power dan performance seorang leader yakni Menteri yang memegang peran koordinator," ujar Mursalim, melalui keterangan yang diterima, Kamis (19/12/2021).

Mursalim mendorong perusahaan-perusahaan BUMN yang telah memberikan kontribusi dibalik melonjaknya laba BUMN tersebut diberikan reward atau penghargaan.

Baca juga: Erick Thohir Juga Rombak Direksi PLN

“Tetapi pada saat yang bersamaan harus juga memberikan reward kepada perusahaan-perusahaan yang berada dibalik perolehan laba yang disumbangkan oleh perusahaan pelat merah," ucapnya.

Lanjut Mursalim, selain sektor keuangan, industri telekomunikasi dan pertambangan turut memberikan sumbangsih laba yang cukup besar.

Namun, kata Mursalim, sebaiknya BUMN tidak hanya memberikan keuntungan bagi negara, tetapi juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat, khususnya pada sektor pertanian.

Dia meminta sektor tersebut dapat berkontribusi besar bagi kehidupan masyarakat khususnya petani.

“Untuk itu, Pemerintah juga harus terus berupaya agar sektor-sektor kunci memberikan peran melalui kebijakan yang tepat sasaran," katanya.

Pada kuartal III 2021 BUMN sudah memiliki catatan konsolidasi laba bersih. Dengan Transformasi ini Erick Thohir dapat memeriksa laporan keuangan pada masing-masing BUMN, bahkan ke anak-cucunya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas