Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Jumat, 10 Desember 2021: Jawa Timur Hujan Lebat Disertai Angin

Berikut peringatan dini cuaca ekstrem BMKG Jumat, 10 Desember 2021, Waspada 30 wilayah ini akan mengalami hujan lebat disertai kilat/petir dan angin.

Penulis: Kristina Wulandari
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Jumat, 10 Desember 2021: Jawa Timur Hujan Lebat Disertai Angin
KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES
Ilustrasi Hujan Lebat - Berikut peringatan dini cuaca ekstrem BMKG Jumat, 10 Desember 2021, Waspada 30 wilayah ini akan mengalami hujan lebat disertai kilat/petir dan angin. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini peringatan dini cuaca ekstrem BMKG Jumat, 10 Desember 2021, Waspada 30 wilayah ini akan mengalami hujan lebat disertai kilat/petir dan angin.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di 33 wilayah Indonesia untuk besok hari Jumat, 10 Desember 2021.

Hujan berintensitas lebat yang disertai kilat/petir hingga angin kencang diperkirakan akan mengguyur 30 wilayah di Indonesia.

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Kamis, 9 Desember 2021: Samarinda dan 2 Kota Lain Berpotensi Alami Hujan Petir

Baca juga: Prakiraan Cuaca Jabodetabek Besok Kamis 9 Desember 2021: Hujan Disertai Petir di Jakarta Selatan

30 Wilayah tersebut di antaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jambo, Kalimantan Utara, dan Kepulauan Riau.

Sementara hujan berintensitas sedang yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang diprediksi akan mengguyur 3 wilayah di Indonesia, antara lain yakni Bali, DKI Jakarta, dan Maluku Utara.

Berdasarkan informasi pada laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi menyampaikan Ex Siklon Tropis Teratai terpantau di Samudra Hindia Selatan Banten dengan tekanan terendah 1000 hPa dan kecepatan angin maksimum mencapai 35 knot yang bergerak ke arah selatan hingga barat daya.

Sistem ini memiliki kecenderungan melemah dengan arah gerak yang menjauhi wilayah Indonesia sehingga pengaruhnya berkurang terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia.

BERITA TERKAIT

Sistem ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang di sekitar ex siklon tropis teratai tersebut.

Berikut peringatan dini cuaca ekstrem BMKG Jumat, 10 Desember 2021 yang dikutip dari bmkg.go.id:

Daftar wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada Jumat, 10 Desember 2021:

• Aceh

• Sumatera Utara

• Sumatera Barat

• Riau

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas