Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mabes Polri: Polisi Tidak Pernah Menyerang KKB Papua

Ramadhan menyampaikan aparat tidak pernah melakukan penyerangan terhadap KKB. Namun, aparat hanya melakukan perlindungan diri.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Mabes Polri: Polisi Tidak Pernah Menyerang KKB Papua
Rizki Sandi Saputra
Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan saat ditemui awak media di Gedung Divisi Humas Mabes Polri, Kamis (25/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polisi mengklaim kontak tembak antara aparat dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang kerap terjadi di beberapa wilayah Papua dipicu karena adanya penyerangan dari pihak KKB terlebih dahulu.

"Kontak senjata yang terjadi aparat kepolisian itu posisinya diserang, tentu terjadinya kontak tembak karena situasi aparat kita," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Jumat (17/12/2021).

Ramadhan menyampaikan aparat tidak pernah melakukan penyerangan terhadap KKB.

Namun aparat hanya melakukan perlindungan diri karena diserang oleh KKB Papua.

"Itu yang tahu prajurit yang di sana persisnya bagaimana. Jadi kontak tembak itu sebagai wujud perlindungan diri, bukan untuk menyerang, anggota kita tidak menyerang. Tapi ketika kita diserang dan kita melindungi diri. Tentunya kita berusaha bila dia menyerang ditangkap diproses," jelas Ramadhan.

Baca juga: Sempat Baku Tembak dan Melarikan Diri ke Hutan, Begini Kronologis Penangkapan KKB Papua Adi Rawai

Lebih lanjut, Ramadhan menyampaikan bahwa penindakan tersebut sebagai bentuk penegakan hukum terhadap KKB Papua yang dianggap telah melanggar hukum.

BERITA TERKAIT

Khususnya, mereka yang dianggap sebagai kelompok separatisme.

"Tentu prosesnya adalah proses sesuai dengan perbuatan atau tindak pidana yang dilakukan, bukan diperangi bukan," tukasnya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas