Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cegah Varian Omicron Menyebar Luas, Waketum MUI Minta Masyarakat Patuhi Saran Pemerintah

Waketum MUI) Anwar Abbas mengatakan, munculnya kasus varian baru ini menjadi pengingat bagi seluruh pihak termasuk masyarakat.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Cegah Varian Omicron Menyebar Luas, Waketum MUI Minta Masyarakat Patuhi Saran Pemerintah
Freepik.com
Ilustrasi Virus Corona Varian Omicron. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan, beberapa warga telah terkonfirmasi positif Covid-19 varian baru Omicron yang dinilai memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat.

Menyikapi adanya kasus tersebut, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (Waketum MUI) Anwar Abbas mengatakan, munculnya kasus varian baru ini menjadi pengingat bagi seluruh pihak termasuk masyarakat.

Baca juga: IDI Ancang-ancang Antisipasi Lonjakan Kasus Omicron

Baca juga: Kasus Omicron Bertambah, Kemenkes Imbau Masyarakat Tetap Waspada dan Tak ke Luar Negeri

"Hal demikian tentu jelas harus menjadi alarm dan perhatian kita semua, apalagi seperti kita ketahui varian tersebut karakternya sangat cepat menyebarnya," kata Anwar dalam keterangan tertulisnya, dikutip Minggu (19/12/2021).

Lantas, dirinya meminta kepada masyarakat luas untuk senantiasa mengikuti segala arahan dan saran dari Pemerintah agar virus Omicron tak mudah menyebar.

Waketum Majelis Ulama Indonesia (Sekjen MUI), Anwar Abbas saat ditemui di Kantor Pusat MUI.
Waketum Majelis Ulama Indonesia (Sekjen MUI), Anwar Abbas saat ditemui di Kantor Pusat MUI. (Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami)

Sebab kata dia, jika tidak bisa mencegah dan menghambat penyebaran Omicron ini maka akan berdampak pada keadaan ekonomi masyarakat dinilainya sudah mulai kembali membaik.

"Caranya kata Menteri Kesehatan adalah dengan menghormati serta melaksanakan protokol kesehatan yang ada dan untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri untuk sementara waktu," tuturnya.

BERITA TERKAIT

Tak hanya itu, dirinya juga berharap agar pemerintah dan lembaga terkait serta organisasi kemasyarakatan untuk dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait dengan bahaya dan cara pencegahan dari varian Omicron ini.

Hal itu dinilai penting, agar bangsa ini bisa mencegah dan menekan penyebaran varian Omicron serendah-rendahnya.

"Imbauan ini tentu sangat penting kita perhatikan karena tidak hanya akan membawa kebaikan kepada kita pribadi tapi juga untuk keluarga, masyarakat, bangsa dan negara," tukasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas