Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pentingnya Vaksinasi Covid-19 untuk Anak, Berikut Alasan, Manfaat hingga Gejala Pasca Penyuntikan

Anggota Satgas Imunisasi IDAI jelaskan manfaat, gejala, hingga alasan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak.

Penulis: Galuh Widya Wardani
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Pentingnya Vaksinasi Covid-19 untuk Anak, Berikut Alasan, Manfaat hingga Gejala Pasca Penyuntikan
SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
IMUNISASI ANAK SEKOLAH - Siswa SD Negeri Kaliasin V Surabaya mengikuti pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Kamis (15/10/2020). Pemerintah Kota Surabaya menggelar Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dengan program imunisasi Measles Rubella (MR) dan Human Papiloma Virus (HPV) untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari penyakit campak dan penyakit rahim. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM - Anggota Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sekaligus Ketua Pokja Imunisasi Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (PERALMUNI), Cissy Kartasasmita, menjelaskan manfaat, gejala hingga alasan pentingnya vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak.

Berdasarkan hasil penelitian, kata Cissy, pemerintah meyakini vaksin Sinovac terbukti aman untuk melindungi anak dari virus Covid-19.

Bahkan, vaksin Sinovac sudah mendapatkan persetujuan  Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan POM untuk pemakaian darurat pada anak usia 6-11 tahun.

Untuk itu, tanggal 14 Desember 2021 kemarin, pemerintah secara perdana menggelar vaksinasi bagi anak di 3 provinsi, yakni di DKI Jakarta, Depok, dan Tangerang Selatan.

Selanjutnya, vaksinasi akan dilakukan secara bertahap di 116 kabupaten/kota di Indonesia yang telah memenuhi persyaratan.

Baca juga: 73 Persen Kasus Covid-19 di AS Akibat Varian Omicron, Presiden Joe Biden Pidato Nasional Hari Ini

Yakni 70 persen penduduknya telah divaksinasi tahap pertama dan 60 persen vaksinasi telah dicapai bagi penduduk lansia.

Mengenai penyelenggaraan vaksinasi, Cissy menyebut, penyelenggaraan nantinya dapat dilakukan di rumah sakit, Puskesmas, maupun unit pelayanan yang telah ditunjuk sesuai kebijakan pemerintah daerah masing-masing.

BERITA TERKAIT

Tapi, yang utama adalah di sekolah dan Madrasah.

"Untuk itu nanti dari pihak sekolah akan memberikan surat pemberitahuan untuk orang tua, agar anaknya dapat segera diimunisasi."

"Kalau dipanggil (dari pihak sekolahan) dan anaknya sehat, maka segeralah vaksin."

"Karena vaksinnya sangat terbatas, takutnya nanti kalau diundur-undur malah tidak kebagian vaksin," kata Cissy dalam konferensi pers Khasiat dan Keamanan Vaksin Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun yang disiarkan di YouTube Kemkominfo TV, Selasa (21/12/2021).

Kendati demikian, Cissy mengatakan pemerintah saat ini tengah mengupayakan adanya persediaan vaksin bagi anak sekolah seluruh indonesia.

"Tapi, ya Insyaallah semua nanti akan dapat. Saat ini pemerintah sedang mengupayakan penyiapan vaksin untuk anak 6-11 tahun," jelas Cissy.

Sementara itu, Cissy menjelaskan alasan perlunya anak usia 6-11 tahun untuk divaksinasi.

Baca juga: Vaksin COVID-19 Berbasis Protein, Harapan Baru untuk Vaksinasi Global

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas