Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Target Vaksinasi Covid-19 Tahun 2022 dan Harga Vaksin Booster

Berikut adalah target vaksinasi Covid-19 di tahun 2022 dan harga Vaksin Booster. Simak selengkapnya di sini.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Target Vaksinasi Covid-19 Tahun 2022 dan Harga Vaksin Booster
Freepik
ILUSTRASI vaksinasi - Berikut adalah target vaksinasi Covid-19 di tahun 2022 dan harga Vaksin Booster. Simak selengkapnya di sini. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah menargetkan vaksinasi Covid-19 kepada 208 juta penduduk akan selesai Maret 2022 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Siti Nadia Tarmizi.

"Sesuai dengan target kita bahwa vaksinasi ini akan kita selesaikan paling lambat itu Maret 2022," ujar Nadia dalam dialog Media KC-PEN Resiliensi dan Optimisme Menuju 2022, Jumat (3/12/2021) lalu.

Ia melanjutkan, pada akhir Desember ini pemerintah menargetkan 80 persen dari total sasaran yakni 208 juta orang sudah mendapatkan posisi pertama dan 60 persen sudah mendapatkan dosis kedua atau lengkap.

Baca juga: Vaksin dan Disiplin Protokol Kesehatan Jadi Kunci Cegah Penularan Omicron Meluas

Vaksin Booster, Vaksin Dosis Ketiga

Selain itu, Pemerintah berencana akan melakukan pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga atau vaksin booster rencananya akan dimulai sejak 1 Januari 2022.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, beberapa pilihan vaksin booster yang akan disiapkan yakni vaksin Merah Putih serta vaksin Nusantara.

BERITA TERKAIT

"Beberapa opsi vaksin booster yang akan disiapkan dengan Vaksin Merah Putih yang dikembangkan BUMN dengan Baylor (Medical College), vaksin kerja sama dalam negeri termasuk yang masuk dalam program Merah Putih adalah Unair dan Biotis, Bio Farma dan Baylor College, Kalbe Farma-Genexin, dan Anhui, plus vaksin Nusantara," kata Airlangga ketika melakukan konferensi pers terkait Evaluasi PPKM yang dilakukan secara daring, Senin (20/12/2021).

Berbeda dengan dua dosis sebelumnya yang dapat diterima secara gratis, kini masyarakat harus membayar untuk mendapatkan vaksin booster.

Akan tetapi, pemerintah akan tetap memberikan vaksin Covid-19 dosis ketiga ini secara gratis kepada masyarakat yang memenuhi persyaratan untuk menerimanya tanpa perlu membayarnya.

Baca juga: WHO: Omicron Lebih Cepat Menyebar dari Delta, Orang yang Sudah Vaksin dan Penyintas Dapat Terinfeksi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, vaksin booster ditujukan untuk para lansia dan kelompok rentan.

Menurut Luhut, setidaknya ada 100 juta masyarakat Indonesia yang akan menerima vaksin Covid-19 dosis ketiga secara gratis.

Menurut Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI, dr Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD, strategi penyaluran vaksin Covid-19 dosis ketiga saat ini mulai disusun oleh pemerintah.

"Kebutuhan (vaksin) booster akan melipatgandakan kebutuhan belanja untuk vaksin. Ada dua strategi yang dilakukan, pertama untuk PBI (penerima bantuan iuran) boosternya gratis, sedangkan non PBI itu nanti berbayar," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas