Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Yahya Waloni Minta Kemenkominfo Hapus Video Dirinya yang Disebut Telah Menistakan Agama Tertentu

Waloni meminta majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk bekerjasama menghapus video tersebut.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Yahya Waloni Minta Kemenkominfo Hapus Video Dirinya yang Disebut Telah Menistakan Agama Tertentu
Tribunnews.com/ Rizki Sandi Saputra
Sidang tuntutan atas terdakwa Muhammad Yahya Waloni di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (28/12/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terdakwa dugaan ujaran kebencian terkait Suku, Agama, Ras, Antargolongan (SARA) Muhammad Yahya Waloni meminta bantuan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menghapus video dirinya yang dinilai telah membuat keonaran di antara umat beragama.

Hal itu dia sampaikan dalam nota pembelaan alias pleidoi atas tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) pada sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Waloni meminta majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk bekerjasama menghapus video tersebut.

"Saya mohon kepada hakim yang mulia, semua konten video saya terkait dengan berkesinggungan yang telah menyakiti, yang telah melukai perasaan saudara-saudara saya kaum nasrani, tolong bekerjasama dengan kemenkominfo dan dihapus," kata Waloni dalam persidangan, Selasa (28/12/2021).

Sebagai informasi, perkara yang menjerat dirinya ini berkaitan dengan isi ceramah yang dilakukannya di Masjid Jenderal Sudirman World Trade Center, Jakarta pada 2019 silam.

Kala itu, isi ceramah Waloni dinilai telah menyinggung umat beragama tertentu dalam hal ini Nasrani. 

BERITA TERKAIT

Kendati begitu, dalam pleidoi yang disampaikannya tersebut, Waloni menyadari kalau perbuatannya tersebut adalah tak beretika. Padahal kata dia, kondisi saling menghargai membuat dirinya merasa dihargai, terlebih saat berada di dalam Rumah Tahana (Rutan).

Baca juga: Sampaikan Pleidoi, Yahya Waloni: Saya Merasa Orang Bodoh Seperti Tak Berpendidikan

"Dalam kesmepatan ini saya sadar saya menjadi seorang imam di dalam penjara, saya menjadi seorang khatib di dalam penjara, saya memimpin umat di dalam penjara, dengan berbagai macam lapisan masyarakat, dengan berbagai macam keberagamaan," kata Waloni.

"Keberagaman yang ada di dalam dan mereka senang kepada saya, bahkan saya baru menyadari bahwa arti pada kebersamaan itu toleransi keberagaman itu justru dari kesalahan yang saya lakukan," sambungnya.

Tak hanya itu, Yahya Waloni juga merasa seperti orang bodoh setelah melakukan hal itu, satu di antaranya dilakukan dia di Masjid Jenderal Sudirman World Trade Center, Jakarta pada 2019 silam.

"Saya juga melihat dan sekaligus, disadarkan oleh bareskrim itu saya merasa itu bukan pribadi saya yang berbicara, saya merasa bodoh, saya merasa orang yang tidak pernah seperti yang berpendidikan," jelas Waloni dalam pleidoinya.

Padahal kata Waloni, dirinya merupakan sosok yang pernah mengemban ilmu pendidikan filsafat.

Baca juga: Dituntut 7 Bulan Penjara, Yahya Waloni Langsung Sampaikan Pleidoi Secara Lisan

Terlebih dalam pendidikannya itu, dirinya turut mempelajari upaya untuk mencintai dan menghargai segala makhluk yang ada di muka bumi ini. Dirinya berharap dengan adanya perkara ini bisa membuatnya menjadi lebih baik.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas