Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Ini Diprediksi Puncak Arus Balik Libur Nataru, Sistem Contra Flow Diberlakukan di Tol Cikampek

Polri juga menerapkan sistem ganjil genap (gage) di kawasan wisata yang telah ditentukan. Hal ini sebagai upaya mengurangi potensi kemacetan.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Hari Ini Diprediksi Puncak Arus Balik Libur Nataru, Sistem Contra Flow Diberlakukan di Tol Cikampek
dok Jasa Marga
Gerbang Tol Cikampek Utama. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polisi memprediksi puncak arus balik libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 akan berlangsung pada 31 Desember hingga 2 Januari 2022.

Polisi pun menyiapkan langkah antisipasi hingga 3 Januari 2022 mendatang.

"Petugas akan mengantisipasi terhadap masyarakat yang pulang hingga 3 Januari 2022," ujar Plt Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Dodi Darjanto kepada wartawan, Kamis (30/12/2021).




Dodi menyebutkan pihaknya akan menyiapkan sistem contra flow atau lawan arus untuk memecah kepadatan kendaraan.

Nantinya, kebijakan itu akan diberlakukan di sejumlah titik di ruas jalan tol Cikampek.

"Contra flow di km 47 sampai dengan ke km 65 ke arah timur keluar Jakarta dan km 61 ke 47 ke arah barat ke dalam Jakarta," jelas Dodi.

Lebih lanjut, Dodi menambahkan pihaknya juga menerapkan sistem ganjil genap (gage) di kawasan wisata yang telah ditentukan. Hal ini sebagai upaya mengurangi potensi kemacetan.

BERITA TERKAIT

"Tetap memperhatikan protokol kesehatan, mengoptimalkan aplikasi PeduliLindungi, pada moda transportasi darat, laut, dan udara," ujarnya.

Baca juga: Polisi Antisipasi Puncak Arus Balik Libur Nataru hingga 3 Januari 2022

Sementara itu, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan menyebut arus lalu lintas pada H-2 libur tahun baru masih lancar.

"Hari ini saya pengamatan di wilayah Solo dan sekitarnya. Sekarang saya di Kalikangkung, melihat arus lalu lintas dari kemarin baik lokal maupun jalan nasional masih relatif lancar," ujar Aan di Pos Pelayanan Terpadu GT Kalikangkung, Semarang.

Dia mengatakan, kondisi serupa juga terjadi di wilayah Sumatera. Tak hanya jalur arteri dan tol, jalur wisata pun terpantau relatif lancar.

"InsyaAllah sampai malam tahun baru mudah-mudahan ini bisa terkendali. Karena sesuai dengan kebijakan pemerintah dari pusat dan Satgas Covid-19 untuk malam tahun baru ini tidak ada perayaan," ucapnya.

Lebih lanjut, Aan memprediksi puncak peningkatan arus libur tahun baru bakal terjadi pada Jumat (31/12/2021). Kendati begitu, dia memastikan telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasinya.

"Masyarakat yang ingin pulang kampung untuk menghabiskan tanggal 1-2 Januari 2022 di kampungnya kemungkinan akan berangkat hari Jumat. Namun kita sudah siap dengan cara bertindak yang sudah kita siapkan, sehingga insyaAllah semua berjalan lancar," kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas