Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berkelit hingga Beri Keterangan Berbeda dalam Sidang, Hakim Minta Jaksa KPK Sikapi Aliza Gunado

Hakim mengambil sikap terkait dengan kesaksian Kader Partai Golkar Aliza Gunado dalam persidangan dugaan suap atas terdakwa Azis Syamsuddin.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Berkelit hingga Beri Keterangan Berbeda dalam Sidang, Hakim Minta Jaksa KPK Sikapi Aliza Gunado
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Sidang lanjutan perkara dugaan suap atas terdakwa eks Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Senin (3/1/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) mengambil sikap terkait dengan kesaksian Kader Partai Golkar Aliza Gunado dalam persidangan dugaan suap atas terdakwa eks Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin.

Dalam persidangan, Aliza masih saja tidak mengakui mengenal saksi lain yakni mantan Kadis Bina Marga Lampung Tengah, Taufik Rahman; Kasubbid Rekonstruksi pada BPBD Kabupaten Lampung Tengah, Aan Riyanto; dan Direktur CV Tetayan Konsultan, Darius Hartawan. 




Padahal dalam persidangan yang digelar pada Senin (3/1/2022) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) ketiga saksi tersebut mengaku mengenali Aliza Gunado.

Atas hal itu, Hakim Ketua Muhammad Damis menyerahkan nasib Aliza ke jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK). 

"Penuntut umum silakan disikapi bagaimana sikap penuntut umum terhadap saksi yang bernama Aliza Gunado, silakan," kata Damis dalam persidangan.

Majelis Hakim kata Damis menyerahkan sepenuhnya kepada Jaksa untuk memproses Aliza sesuai dengan hukum yang berlaku.

BERITA TERKAIT

"Kami serahkan sepenuhnya, karena tiga saksi mengatakan bahwa mengenal dan pernah kenal orang namanya Aliza tapi dia tadi menyatakan tidak pernah kenal dan tidak pernah mengenal tiga orang ini," kata Damis.

Baca juga: Sidang Azis Syamsuddin, Hari Ini KPK Konfrontir Keterangan Aliza Gunado dengan 3 Saksi Lainnya

Padahal pada persidangan sebelumnya, Damis sudah melayangkan ultimatum kepada Aliza Gunado soal pengakuannya tersebut.

Hal itu dikarenakan, saksi Aliza dinilai kerap membantah atau memberikan keterangan yang berbeda dari keterangan saksi sebelumnya yang pernah memberikan keterangan yakni dua di antaranya Kadis Bina Marga Lampung Tengah, Taufik Rahman; dan Direktur CV Tetayan Konsultan, Darius Hartawan.

Dalam keterangannya, Aliza mengaku tidak mengenal dengan kedua saksi tersebut, padahal dalam persidangan sebelumnya, baik Taufik maupun Darius mengenal Aliza.

"Kenal dengan Darius?," tanya Hakim Anggota Fahzal dalam persidangan.

"Tidak," jawab Aliza.

Baca juga: Jaksa KPK akan Konfrontir Keterangan Aliza Gunado di Sidang Azis Syamsuddin

"Dua kali kalau menurut cerita orang itu ada dua kali saudara ketemu di cafe Bandar Lampung. Merasa tak kenal juga?," tanya lagi Hakim Fahzal.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas