Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Rabu 12 Januari 2022: Waspada Jawa Barat Hujan Lebat dan Angin

Peringatan dini cuaca ekstrem BMKG hari ini Rabu 12 Januari 2022, Waspada 25 wilayah ini akan mengalami hujan lebat disertai kilat/petir dan angin.

Editor: Inza Maliana
zoom-in Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Rabu 12 Januari 2022: Waspada Jawa Barat Hujan Lebat dan Angin
scroll.in
Ilustrasi hujan lebat - Peringatan dini cuaca ekstrem BMKG hari ini Rabu 12 Januari 2022, Waspada 25 wilayah, termasuk Jawa Barat akan mengalami hujan lebat disertai kilat/petir dan angin. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini peringatan dini cuaca ekstrem BMKG Rabu, 12 Januari 2022, Waspada 25 wilayah ini akan mengalami hujan lebat disertai kilat/petir dan angin.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem 27 wilayah Indonesia untuk hari ini Rabu, 12 Januari 2022.

Hujan berintensitas lebat yang disertai kilat/petir hingga angin kencang diperkirakan akan mengguyur 25 wilayah di Indonesia.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Rabu 12 Januari 2022: Waspada Jawa Tengah Hujan Lebat dan Angin

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Rabu, 12 Januari 2022: 25 Wilayah Hujan Lebat

25 Wilayah yang mengalami hujan lebat di antaranya Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Tengah, Bali, dan Papua.

Sementara hujan berintensitas sedang yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang diprediksi akan dialami pada 1 wilayah di Indonesia, yakni Kalimantan Utara

Kemudian Wilayah yang berpotensi menglami angin kencang adalah Kepulauan Riau.

Berdasarkan informasi pada laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi menyampaikan Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Hindia selatan Jawa Timur yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di perairan selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

BERITA REKOMENDASI

Daerah konvergensi lain juga terpantau memanjang dari Banten hingga Jawa Timur, dari Kalimantan Tengah bagian selatan hingga Selat Karimata, Laut Jawa bagian Timur, dan di Sulawesi Barat hingga Sulawesi Selatan serta daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau dari Selat Karimata bagian selatan hingga Laut Jawa.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut

Berikut peringatan dini cuaca ekstrem BMKG Rabu 12 Januari 2022 yang dikutip dari bmkg.go.id:

Daftar wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada hari ini Rabu 12 Januari 2022.

• Aceh

• Sumatera Barat

• Bengkulu

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas