Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ada di Indonesia, Molnupiravir Jadi Harapan Hadapi Omicron

Ketersediaan obat Covid-19 Molnupiravir di Indonesia menjadi harapan untuk menghadapi persebaran Covid-19 varian omicron.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Ada di Indonesia, Molnupiravir Jadi Harapan Hadapi Omicron
Tribunnews/JEPRIMA
Pekerja saat menunjukkan kemasan obat Covid-19 yang diproduks oleh Pabrik PT Amarox Pharma Global di Cikarang, Jawa Barat (14/1/2022). Pabrik Amarox yang berada di Cikarang ini mampu memproduksi obat Covid-19 Molnupiravir sebanyak 30.000 dosis per bulan. Anak perusahaan Hetero yang bergerak dibidang farmasi generik dari India ini, telah mendapatkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) pada obat Covid-19 Molnupiravir. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia saat ini menghadapi lonjakan kasus Covid-19 akibat Omicron.

Diperlukan ketersediaan obat Covid-19 untuk membantu penanganan pandemi di tanah air.




Molnupiravir misalnya, masuk daftar obat yang direkomendasi organisasi profesi kedokteran untuk pasien Covid-19.

Amarox Pharma Global dan Hetero Labs Ltd. telah resmi menghadirkan Movfor di Indonesia.

Movfor merupakan brand obat Molnupiravir pertama di Indonesia dan diciptakan khusus untuk penyembuhan Covid-19, berupa kapsul 200 mg yang diproduksi Hetero Labs Ltd., India, didaftarkan, diimpor dan dipasarkan oleh PT. Amarox Pharma Global di Indonesia.

Baca juga: Molnupiravir dan Paxlovid Jadi Obat Antivirus Terbaru untuk Pasien Covid-19

Molnupiravir telah mendapatkan izin Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan POM dan diindikasikan untuk pengobatan infeksi Covid-19 ringan sampai sedang pada pasien dewasa (usia 18 tahun ke atas) yang tidak memerlukan pemberian oksigen dan memiliki peningkatan risiko menjadi infeksi berat.

BERITA TERKAIT

General Manager PT Amarox Pharma Global (Hetero), Sandeep Sur, mengungkapkan, Movfor telah dipasarkan dan digunakan untuk mengobati pasien Covid-19 di India dan di beberapa negara ASEAN.

“Berdasarkan hasil uji klinis fase 3, Molnupiravir efektif pada varian virus SARS-CoV-2 yang ada saat ini dan berpotensi menghambat infeksi varian Omicron SARS-CoV-2 dengan hasil RT-PCR viral clearance 100 persen pada hari ke-5,” ungkap Sandeep Sur, dalam kegiatan virtual, Selasa (15/2/2022).

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin telah datang meninjau langsung kesiapan 400.000 tablet Molnupiravir di parbik PT Amarox Pharma Global yang berlokasi di Delta Silicon Industrial Park, Cikarang.

Vice President Sales & Marketing PT Parit Padang Global, Edwin Vega menambahkan, Movfor menjadi harapan baru penanganan Covid-19 di Indonesia.

“Varian Omicron membuat kasus melonjak dalam beberapa minggu terakhir. Namun kini kita juga memiliki harapan baru dalam penanganan pandemi ini dengan hadirnya Molnupiravir sebagai obat yang efektif untuk penyembuhan,” ujar Edwin Vega.

Molnupiravir Movfor telah didistribusikan di 25 cabang PT. Parit Padang Global di 34 provinsi di Indonesia.

Baca juga: Hadapi Omicron, Menkes: Obat Antivirus Avigan dan Molnupiravir Disiapkan untuk Pasien Bergejala

"Movfor bisa didapatkan dengan resep dokter di berbagai apotik dan fasilitas kesehatan di Indonesia," imbuh Sales & Product Group Manager PT Parit Padang Global, Donny Satria.

Molnupiravir yang terkandung dalam Movfor dapat membantu penyembuhan pasien Covid-19 secara aman dan efektif sehingga produk ini bisa menjadi harapan baru penanganan Covid-19.

Berdasarkan hasil evaluasi dari aspek keamanan, pemberian Molnupiravir relatif aman dan memberikan efek samping yang dapat ditoleransi. Efek samping yang paling sering dilaporkan adalah diare, mual, sakit kepala dan mengantuk.

Bekerjasama dengan PT. Parit Padang Global, PT Amarox berkomitmen untuk memastikan stok dan supply Molnupiravir di Indonesia dapat terdistribusi serta menjangkau seluruh fasilitas-fasilitas kesehatan di Indonesia.

"Diharapkan kehadiran Movfor dapat segera menekan laju pertambahan kasus Covid-19 di Indonesia,” Senior Product Manager PT. Amarox Pharma Global (Hetero), Heny Sulistiyaningsih.

Berita lainnya seputar obat Molnupiravir.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas