Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Imbas Polemik JHT, Menaker Ida Fauziyah Bakal Temui Dua Serikat Buruh Hari Ini

Menaker Ida berencana bakal temui Dua Serikat Buruh Hari Ini, Imbas Polemik JHT tak kunjung usai.

Penulis: Shella Latifa A
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Imbas Polemik JHT, Menaker Ida Fauziyah Bakal Temui Dua Serikat Buruh Hari Ini
WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Masa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar demo dengan tuntutan agar Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 yang mengatur Jaminan Hari Tua (JHT) baru bisa dicairkan di usia 56 tahun segera dicabut di Kantor Kementrian Tenaga Kerja, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan , Rabu (16/2/2022). WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengundang dua serikat pekerja buruh, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) untuk bertemu pada hari ini, Selasa (22/2/2022).

Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden KSPI sekaligus Presiden Partai Buruh, Said Iqbal.

Pertemuan ini merupakan imbas polemik aturan baru Jaminan Hari Tua (JHT), yakni Permenaker Nomor 2 Tahun 2022.

Kendati demikian, Said Iqbal belum bisa memastikan apakah pertemuan ini bakal dilanjutkan atau tidak setelah dikeluarkannya instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Menaker soal aturan JHT.

"Rencananya pada hari ini, KSPSI Andi Gandi dan KSPI akan bertemu dan diundang Menaker hari ini pukul 18.30."

"Saya belum mendapatkan kabar apakah akan jadi atau tidak dengan telah dikeluarkannya instruksi Jokowi untuk mempermudah pencairan JHT dan merevisi JHT Permenaker Nomor 2 Tahun 2022," ucap Said Iqbal dalam konferensi persnya, dikutip dari YouTube Kompas TV.

Baca juga: Buruh Desak Menaker Cabut Aturan Baru Pencairan JHT dalam 7 Hari, KSPI: Jangan Main-main Lagi

Presiden KSPI sekaligus Presiden Partai Buruh, Said Iqbal selasa 22 feb
Presiden KSPI sekaligus Presiden Partai Buruh, Said Iqbal dalam konferensi persnya, Selasa (22/2/2022).

Baca juga: Perjalanan Permenaker soal JHT: Diteken Menaker hingga Kini Diminta Jokowi untuk Direvisi

Jika pertemuan ini diadakan, Saiq Iqbal menyebut hanya ada dua hal yang ingin ia sampaikan pada Menaker.

BERITA TERKAIT

Pertama, ia mengingatkan Menaker Ida untuk tunduk dengan instruksi Jokowi yang meminta aturan pencairan JHT dipermudah dan merevisi Permenaker Nomor 2 tahun 2022.

Menurut Said Iqbal, revisi yang tepat dilakukan dengan cara mencabut Permenaker tersebut dan kembali memberlakukan aturan JHT yang lama.

"Dengan segeala hormat, Menaker harus tunduk pada perintah Presiden, temasuk Menko Perekenomian (Airlangga Hartarto), yaitu merevisi dengan kata lain mencabut Permenaker Nomor 2 Tahun 2022."

"Dan memberlakukan kembali Permenaker Nomor 19 Tahun 2015 yang intinya menyatakan JHT milik pekerja buruh dapat langsung dicairkan saat ter-PHK paling lama satu bulan setelahnya, sesuai mekanisme yang diatur Pasal 26 ayat 5," tutur Said Iqbal.

Sejumlah buruh melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Jakarta, Rabu (16/2/2022). Dalam aksinya, para buruh menuntut pemerintah untuk segera mencabut dan membatalkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah buruh melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Jakarta, Rabu (16/2/2022). Dalam aksinya, para buruh menuntut pemerintah untuk segera mencabut dan membatalkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Kemudian, hal kedua yang disampaikan, Said Iqbal meminta Menaker turun ke lapangan untuk melihat kondisi perekonomian yang dihadapi buruh.

Said Iqbal pun menyentil Menaker agar tak sekedar bekerja di balik meja kantor.

Tak hanya Menaker, ia juga meminta Menko Perekenomian Airlangga Hartarto turun ke jalan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas