Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPK dan Eks Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Sama-sama Tak Ajukan Banding

Azis Syamsuddin tidak mengajukan banding atas putusan 3,5 tahun penjara dan denda Rp 250 juta subsider 4 bulan kurungan.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Adi Suhendi
zoom-in KPK dan Eks Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Sama-sama Tak Ajukan Banding
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin tidak mengajukan banding atas putusan 3,5 tahun penjara dan denda Rp 250 juta subsider 4 bulan kurungan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima informasi bahwa mantan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Azis Syamsuddin tidak mengajukan banding atas putusan 3,5 tahun penjara dan denda Rp 250 juta subsider 4 bulan kurungan.

"Informasi yang kami peroleh, terdakwa M Azis Syamsuddin telah menerima putusan majelis hakim," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (25/2/2022).




Dikatakan Ali, tim jaksa setelah mempelajari seluruh fakta hukum dalam pertimbangan majelis hakim berpendapat seluruh analisa yuridis fakta hukum di persidangan telah dipertimbangkan.

"Untuk itu KPK juga tidak mengajukan upaya hukum banding," kata dia.

Dengan demikian, katanya, saat ini perkara terdakwa M Azis Syamsuddin telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Sehingga jaksa eksekutor KPK segera melaksanakan putusan tersebut.

Baca juga: Terima Vonis 3,5 Tahun, Azis Syamsuddin Minta Segera Dieksekusi

BERITA TERKAIT

KPK kemudian berharap Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat segera mengirimkan salinan dan petikan putusan perkara dimaksud sebagai syarat administrasi eksekusi.

"Kami segera analisa beberapa fakta hukum dalam putusan dimaksud apakah berdasarkan pertimbangan majelis hakim tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut atas dugaan keterlibatan pihak lain," kata Ali.

Sebelumnya, Azis Syamsuddin melalui kuasa hukumnya telah lebih dulu menyatakan tidak akan mengajukan banding.

"Setelah mempertimbangkan dengan matang maka kita putuskan untuk tidak banding," kata kuasa hukum Azis, Sirra Prayuna, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (23/2/2022).

Maka dari itu, dikatakan kuasa hukum, Azis Syamsuddin meminta tim jaksa KPK untuk segera mengeksekusi putusan majelis hakim.

Baca juga: Lewat Putusan Azis Syamsuddin, KPK Telusuri Dugaan Keterlibatan Aliza Gunado

"Menerima putusan untuk dijalankan dan menunggu agar Pak Azis Syamsuddin segera dapat eksekusi oleh jaksa KPK," kata Sirra.

Muhammad Azis Syamsuddin divonis 3,5 tahun penjara dan denda Rp250 juta subsider 4 bulan kurungan, karena terbukti memberi suap senilai Rp3,099 miliar dan 36.000 dolar AS, sehingga totalnya sekitar Rp3,619 miliar, kepada eks penyidik KPK asal Polri Stepanus Robin Pattuju dan advokat Maskur Husain.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas