Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemendikbudristek: Guru jadi Garda Terdepan Pengetahuan Kebahasaan

guru memiliki peran penting sebagai agen perubahan dalam proses pembelajaran pembelajaran bahasa di sekolah.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kemendikbudristek: Guru jadi Garda Terdepan Pengetahuan Kebahasaan
goodnewsfinland.com
ILUSTRASI bahasa 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Pengembangaan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek E. Aminudin Aziz mengatakan bahasa nasional dipelajari sejak siswa masuk taman kanak-kanak.

Menurutnya, guru memiliki peran penting sebagai agen perubahan dalam proses pembelajaran pembelajaran bahasa di sekolah.

"Guru harus menjadi garda terdepan untuk memberikan pengetahuan kebahasaan kepada siswanya. Selain itu, guru harus bertindak sebagai fasilitator dan memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar dan berinovasi dalam memenuhi kebutuhan siswa dalam pelajaran di sekolah," ujar E. Aminudin melalui keterangan tertulis, Sabtu (26/2/2022).




Guru, menurutnya, perlu memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui penguasaan teknologi.

Hal ini terjadi karena pada masa pandemi Covid-19, telah membuka peluang dan tantangan guru melakukan kreativitas dalam pengembangan model pembelajaran berbasis daring.

“Meskipun di awalnya mengalami kendala dalam proses belajar-mengajar—guru dan siswa belum terbiasa menggunakan teknologi, di sisi lain memberikan tantangan kepada guru untuk menguasai teknologi,” ujar E. Aminudin. 

Baca juga: 8 Bahasa Daerah Punah, Kebanyakan di Indonesia Timur

Keberadaan 718 bahasa daerah yang tersebar di 17 ribu pulau, menjadikan masyarakat Indonesia khususnya yang berada di daerah terpencil memungkinkan akan berbicara bahasa ibu sejak mereka anak-anak.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas