Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini BMKG Rabu, 2 Maret 2022: Waspada DKI Jakarta Berpotensi Angin Kencang

BMKG telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Rabu (2/3/2022) waspada DKI Jakarta berpotensi terjadi angin kencang.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Peringatan Dini BMKG Rabu, 2 Maret 2022: Waspada DKI Jakarta Berpotensi Angin Kencang
suryamalang.tribunnews.com
Cuaca mendung - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Rabu (2/3/2022) waspada DKI Jakarta berpotensi terjadi angin kencang. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Rabu (2/3/2022).

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, Ex-Siklon Tropis ANIKA terpantau di daratan Kimberly, Australia Utara yang bergerak ke arah barat daya dengan tekanan 995 mb dan kecepatan angin maksimum 35 knot.

Diprakirakan intensitas Ex-Siklon Tropis ANIKA akan menguat kembali seiring pergerakannya ke arah barat daya menuju Samudra Hindia utara Australia Barat.

Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin (low level jet) hingga lebih dari 25 knot yang memanjang dari Laut Sawu hingga Australia Barat bagian utara.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang low level jet tersebut.

Baca juga: Gempa M 4,8 Dirasakan Wilayah Pandeglang-Banten pada Senin Malam, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Baca juga: Peringatan Dini Gelombang Tinggi BMKG, Selasa 1 Maret 2022: 7 Perairan Capai 2,5 - 4 Meter

Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah, dan di sekitar Maluku Utara yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Samudra Hindia selatan Jawa Barat-Jawa Tengah, dan dari perairan utara Halmahera hingga Sulawesi Utara.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Sumatera Selatan hingga Lampung, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur, Sulawesi bagian tengah, Papua Barat dan Papua serta daerah pertemuan angin (konfluensi) memanjang di Laut Jawa, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Selatan, Sulawesi bagian selatan dan Papua bagian selatan.

BERITA REKOMENDASI

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Rabu, 2 Maret 2022:

Rabu, 2 Maret 2022

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas