Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini BMKG Selasa, 8 Maret 2022: Waspada 24 Wilayah Ini Hujan Lebat hingga Angin

BMKG telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Selasa (8/3/2022), waspada 24 wilayah ini berpotensi hujan lebat hingga angin.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Peringatan Dini BMKG Selasa, 8 Maret 2022: Waspada 24 Wilayah Ini Hujan Lebat hingga Angin
Pixabay/Pexels
Ilustrasi Prakiraan Cuaca (Pixabay/Pexels) - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Selasa (8/3/2022), waspada 24 wilayah ini berpotensi hujan lebat hingga angin. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Selasa (8/3/2022).

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, sirkulasi siklonik terpantau di pesisir barat Aceh, Filipina bagian selatan, Samudra Pasifik utara Papua, perairan utara Jawa Timur-Bali, dan di sekitar Laut Timor yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Aceh, Jawa Timur, Laut Sulawesi, dan di sebelah selatan NTT.

Daerah Konvergensi lainnya terpantau dari pesisir barat Bengkulu, dari Riau hingga Jambi, dari Kep. Riau hingga Bangka Belitung, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur, dari Selat Karimata hingga Sulawesi Selatan, dari Papua Barat hingga Papua.

Selain itu, terdapat juga daerah pertemuan angin (konfluensi) di Lampung, Banten, DKI Jakarta, Laut Jawa, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat bagian selatan hingga Kalimantan Selatan dan Maluku.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca juga: Angin Kencang Berpotensi Terjadi hingga April 2022, BMKG Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Baca juga: BMKG: Angin Kencang di Jakarta Berasal dari Awan Cumulonimbus

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Selasa, 8 Maret 2022 hingga Rabu, 9 Maret 2022:

Selasa, 8 Maret 2022

BERITA REKOMENDASI

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

- Bengkulu

- Jambi

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas