Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pangkoarmada I Sambut Kepulangan KRI RE Martadinata 331 Dari Multilateral Naval 2022 di India

KRI RE Martadinata-331 (KRI REM-331) yang menjadi delegasi TNI Angkatan Laut pada Multilateral Naval Exercise Milan 2022 di India

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Pangkoarmada I Sambut Kepulangan KRI RE Martadinata 331 Dari Multilateral Naval 2022 di India
Dispen Koarmada I
Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Arsyad Abdullah menyambut prajurit KRI RE Martadinata-331 (KRI REM-331) yang menjadi delegasi TNI Angkatan Laut pada Multilateral Naval Exercise Milan 2022 di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta pada Senin (14/3/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - KRI RE Martadinata-331 (KRI REM-331) yang menjadi delegasi TNI Angkatan Laut pada Multilateral Naval Exercise Milan 2022 di India, tiba di tanah air dan sandar di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (14/3/2022).

Kedatangan KRI RE Martadinata 331 di tanah air disambut langsung Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Arsyad Abdullah.




Dalam kesempatan tersebut, Arsyad mengapresiasi seluruh prajurit yang telah Kembali menjalankan latihan bersama Angkatan Laut seluruh dunia di India.

Arsyad menjelaskan pada tahun ini, KRI RE Martadinata 331 menjadi delegasi Indonesia dalam event dua tahun sekali yang diikuti 13 Kapal Perang dari 40 negara tersebut.

Baca juga: KRI RE Martadinata-331 Ikuti Multilateral Naval Exercise Milan 2022 Bersama Belasan Negara di India

Ia mengatakan Latihan tersebut merupakan kebijakan strategis Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam penguatan diplomasi militer dan peningkatan kontribusi untuk memenangkan kepentingan nasional.

"Misi diplomasi juga diemban KRI REM 331 sebagai salah satu kekuatan maritim Indonesia yang hadir di laut dan turut berkontribusi pada perdamaian dunia bersama negara-negara sahabat," kata Arsyad dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Koarmada I, Senin (14/3/2022).

BERITA TERKAIT

Ia berharap melalui yang telah dilaksanakan dapat berkontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas regional, kesamaan pemikiran dalam melawan terorisme pada domain maritim, kolaborasi untuk menjaga stabilitas maritim yang aman dan berkelanjutan.

"Serta yang terpenting meningkatkan interoperabilitas antara angkatan laut regional dan ekstra-regional," kata dia.

Dalam Latihan Multinasional itu, KRI RE Martadinata 331 dipimpin oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Multilateral Naval Exercise Milan 2022 Kolonel Laut (P) Wawan Trisatya dan Komandan KRI RE Martadinata 331 Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz.

KRI RE Martadinata berangkat dari Jakarta pada pertengahan bulan Februari lalu.

Dalam latihan maritim terbesar yang digelar Angkatan Laut India tersebut, TNI Angkatan Laut melalui KRI RE Martadinata 331 sedikitnya mengerahkan 130 orang prajurit terbaiknya untuk mengikuti 2 phase latihan.

Dua phase latihan tersebut yakni Harbour Phase pada 25 sampai 28 Februari dan Sea Phase 1 sampai 4 Maret 2022.

Baca juga: 2 Ribu TNI/Polri Disiagakan Untuk Pengamanan Kegiatan Presiden di IKN

Multilateral Naval Exercise Milan merupakan latihan gabungan yang digelar oleh Angkatan Laut India sejak 1995.

Indonesia merupakan satu dari 4 negara yang telah mengikuti latihan gabungan sejak tahun 1995 selain Singapura, Sri Lanka dan Thailand.

Untuk pertama kalinya, latihan tersebut diadakan di Visakhapatnam dan bukan di Komando Andaman dan Nicobar yang telah diadakan sejak 1995.

Visakhapatnam sendiri dipilih sebagai tempat tahun ini dikarenakan skala latihan serta lebih banyak ruang berlabuh.

Selain itu, laut yang lebih luas membuat lebih banyak kapal bisa berpartisipasi termasuk kapal selam yang mengikuti latihan perang anti-kapal selam yang dilakukan untuk pertama kalinya.

Selain itu dalam penyelenggaraan tahun ini kegiatan tidak hanya difokuskan pada latihan bersama di laut, tetapi juga konferensi dan diskusi panel membahas isu-isu keamanan terkini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas