Tribun

MotoGP Mandalika

MotoGP Mandalika Sukses, Ketua Komisi X DPR Sebut Sejarah Baik untuk Indonesia

Keberhasilan Indonesia dalam menyelenggarakan event internasional MotoGP Mandalika 2022 diapresiasi banyak kalangan.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in MotoGP Mandalika Sukses, Ketua Komisi X DPR Sebut Sejarah Baik untuk Indonesia
ist
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Keberhasilan Indonesia dalam menyelenggarakan event internasional MotoGP Mandalika 2022 diapresiasi banyak kalangan.

Keberhasilan penyelenggaraan MotoGP setelah 25 tahun absen bakal menjadi catatan sejarah baik untuk Indonesia.

Hal itu dikemukakan Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Selasa (22/3/2022).

“Secara umum kami menilai gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia di Mandalika berjalan sukses. Tidak ada keluhan berarti dari Dorna, para rider, maupun kru paddock. Ini tentu menjadi capaian besar bagi Indonesia,” ujarSyaiful Huda.

Dia mengatakan keberhasilan Indonesia menggelar event sport internasional di tengah pandemi Covid-19 merupakan hal luar biasa.

Dengan persiapan yang serba terbatas baik karena adanya pembatasan sosial, penurunan pertumbuhan ekonomi, hingga tarik ulur kepastian Indonesia masuk kalender MotoGP 2022, keberhasilan menyelenggarakan event menjadi capaian besar.

“Harus diakui persiapan penyelenggaraan event cukup singkat. Sejak dimulai proses pembangunan sirkuit September 2019, maka bisa dibilang event ini hanya dipersiapkan intensif selama dua setengah tahun terakhir,” katanya.

Baca juga: Marc Marquez Akui Crash Di Sirkuit Mandalika Jadi Kecelakaan Terparahnya

Keberhasilan penyelenggaraan event MotoGP Mandalika ini, lanjut Huda, memberikan dampak besar bagi kampanye Indonesia sebagai Presidensi G-20 tahun ini.

Selain itu event MotoGP Mandalika juga memberikan dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya Kawasan Mandalika dan sekitarnya.

“Okupansi hotel dan penginapan naik dratis, tempat-tempat wisata kuliner penuh, jasa rental kendaraan laris, merupakan dampak jangka pendek dari penyelenggaraan MotoGP Mandalika,” katanya.

Kesan positif dari para para rider MotoGP atas keramahtamahan fans Indonesia maupun pesona alam Mandalika, kata Huda, menjadi iklan gratis bagi pertumbuhan industry pariwisata tanah air.

Apalagi para rider ini tidak segan menyampaikan kesan mereka baik melalui akun media sosial pribadi maupun ke berbagai media internasional yang meliputi event tersebut.

“Kami yakin bahwa ke depan semakin banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alam Mandalika dan sekitarnya,” katanya.

Kendati demikian, Huda berharap keberhasilan ini tidak membuat para pemangku kepentingan MotoGP Mandalika terlena.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas