Tribun

Munarman Ditangkap Polisi

Munarman Akan Divonis pada Perkara Dugaan Tindak Pidana Terorisme 6 April 2022 Mendatang

Majelis Hakim PN Jakarta Timur akan menjatuhkan vonis terhadap terdakwa dugaan tindakan pidana terorisma, Munarman pada 6 April 2022 mendatang.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Munarman Akan Divonis pada Perkara Dugaan Tindak Pidana Terorisme 6 April 2022 Mendatang
KOMPAS.com/Muhamad Isa Bustomi
Mantan petinggi ormas FPI, Munarman saat tiba di Polda Metro Jaya usai ditangkap Densus 88 Antiteror di Perumahan Modern Hill, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (27/4/2021) sore. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur akan menjatuhkan putusan atau vonis terhadap terdakwa dugaan tindak pidana terorisme Munarman, pada Rabu (6/4/2022) mendatang.

Pemilihan jadwal tersebut diambil setelah susunan majelis hakim melakukan musyawarah seraya untuk menyiapkan amar putusan.

"Majelis sudah bermusyawarah, Insha Allah putusan akan dibacakan pada hari Rabu, tanggal 6 April 2022," kata Majelis Hakim dalam sidang yang digelar di PN Jakarta Timur, Jumat (25/3/2022) tadi.

Majelis hakim menggagendakan pembacaan tuntutan itu digelar pada pukul 09.00 WIB di ruang sidang utama PN Jakarta Timur.

Baca juga: Besok, Kubu Munarman akan Bacakan Tanggapan atas Replik Jaksa pada Perkara Dugaan Terorisme

Baca juga: Kuasa Hukum Munarman Buka Suara Soal Ketua JoMan Dicopot dari Komisaris

Dengan ditetapkannya jadwal pembacaan putusan tersebut, maka rangakaian pemeriksaan di persidanga atas perkara yang menjerat Munarman dinyatakan telah selesai.

Kekinian, Munarman bersama kuasa hukumnya membacakan tanggapan atau duplik atas replik dari jaksa penuntut umum (JPU) terkait tuntutan yang diterimanya.

Munarman Dituntut 8 Tahun Bui

Pengadilan Negeri Jakarta Timur kembali menggelar sidang lanjutan dugaan kasus tindak pidana terorisme, dengan terdakwa mantan Sekretaris Umum FPI, Munarman, Senin (21/3/2022).
Pengadilan Negeri Jakarta Timur kembali menggelar sidang lanjutan dugaan kasus tindak pidana terorisme, dengan terdakwa mantan Sekretaris Umum FPI, Munarman, Senin (21/3/2022). (Tribunnews.com/Danang Triatmojo)

Eks Sekretaris Umum Front Pembela Islam (Sekum FPI) Munarman telah dijatuhi tuntutan pidana atas perkara dugaan tindak pidana terorisme oleh jaksa penuntut umum (JPU) pada sidang, Senin (14/3/2022) di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Dalam perkara ini Munarman dituntut 8 tahun penjara. Munarman diyakini jaksa melakukan pemufakatan jahat atas perkara ini.

"Menuntut supaya Majelis Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan menyatakan Munarman telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana terorisme sebagaimana dakwaan kedua," ujar jaksa dalam amar tuntutannya yang dibacakan di PN Jaktim, Senin (14/3/2022).

Baca juga: Dari Ketua Relawan Jokowi hingga Jadi Saksi Munarman, Inilah Rekam Jejak Immanuel Ebenezer

Baca juga: Profil Immanuel Ebenezer yang Dicopot dari Komut Anak BUMN, Diduga karena jadi Saksi Munarman

Atas hal itu jaksa dalam tuntutannya meminta kepada majelis hakim PN Jakarta Timur untuk menjatuhkan pidana selama 8 tahun kepada Munarman.

"Menjatuhkan pidana 8 tahun penjara dengan dikurangi masa tahanan sementara" kata jaksa.

Tak hanya itu, dalam tuntutannya jaksa juga menuntut agar Munarman tetap ditahan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas