Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Apdesi Dukung Jokowi 3 Periode, Jokpro 2024: Semakin Banyak Dukungan

Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) menyatakan Presiden Joko Widodo untuk menjabat tiga periode.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Apdesi Dukung Jokowi 3 Periode, Jokpro 2024: Semakin Banyak Dukungan
Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Krishadiyanto
Presiden Joko Widodo menghadiri Silaturahmi Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Tahun 2022 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (29/3/2022). Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengapresiasi peran para perangkat desa yang telah bekerja keras membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air hingga kasus aktif harian Covid-19 terus menurun. Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Krishadiyanto 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) menyatakan Presiden Joko Widodo untuk menjabat tiga periode.

Menanggapi sikap Surtawijaya, Sekretaris Jenderal Jokpro 2024 Timothy Ivan Triyono mengatakan dukungan Jokowi tiga Periode kian meningkat.

"Sikap APDESI yang disampaikan oleh Ketuanya ini membuktikan bahwa bukan hanya Jokpro saja yang menginginkan Beliau (Jokowi) tiga periode, artinya Jokpro tidak sendirian," ucap Timothy melalui keterangan tertulis, Rabu (30/3/2022).

"Semakin hari, semakin banyak yang ikut menyuarakan Jokowi 3 Periode. Mulai dari munculnya kelompok relawan baru, sikap positif elit politik dan terakhir datang dari Asosiasi Pemerintah Desa," tambah Timothy.

Timothy juga menyimpulkan bahwa sikap APDESI menunjukan penambahan dukungan dari masyarakat sebanyak 83.381 yang setuju Jokowi 3 Periode.

Angka 83.381 merupakan jumlah desa atau kelurahan di Indonesia berdasarkan data tahun 2021.

Baca juga: Demokrat Tanggapi Soal Dukungan Jokowi 3 Periode dari APDESI: Harusnya Fokus pada Pembangunan Desa

BERITA REKOMENDASI

"Artinya ada tambahan 83.381 masyarakat Indonesia yang menjabat sebagai kepala desa, setuju Pak Jokowi menjabat di periode ke-3," kata Timothy.

Dukungan dari APDESI, menurutnya, merupakan aspirasi warga dari masing-masing kepala daerah.

"Dukungan dari APDESI ini menjadi salah satu fakta bahwa banyak masyarakat Indonesia yang mendukung Pak Jokowi 3 Periode, karena seorang kepala desa tidak mungkin bersuara tanpa mendengar aspirasi dari warganya," ungkap Timothy.

Timothy membeberkan analisa terkait penambahan dukungan ini.

Dia menjelaskan, jika satu desa ada 3.000 warga yang mendukung Jokowi 3 Periode sebanyak 10 persen, angka tersebut ekuivalen dengan 300 warga.

“Itu baru satu desa, coba kita kalikan dengan jumlah desa yang ada di Indonesia yaitu 83.381 desa. Jika 300 warga dikalikan dengan jumlah desa yang ada di Indonesia yaitu 83.381 akan menghasilkan 25.014.300 warga yang setuju Jokowi 3 Periode. Ya, itu baru hitungan kasar dengan indikator terkecil, dukungannya sudah mencapai 25 juta masyarakat,” jelas Timothy.

Baca juga: APDESI Bakal Deklarasi Dukung Jokowi 3 Periode, Ini Kewajiban dan Larangan bagi Kepala Desa

Timothy mendorong MPR agar segera melaksanakan amandemen UUD 1945 terkait periodisasi jabatan Presiden yang semula dua menjadi tiga periode.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas