Tribun

Pimpin 3 Kapal Perang Negara Asing Latihan PICARD 4.0 di Lebanon, Berikut Kehebatan KRI SIM-367

Dalam Latihan PICARD 4.0 yang digelar di Laut Mediterania,KRI SIM-367 memimpin tiga unsur kapal perang lainnya yang berasal dari tiga negara.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Pimpin 3 Kapal Perang Negara Asing Latihan PICARD 4.0 di Lebanon, Berikut Kehebatan KRI SIM-367
Kompas/Hamzirwan
KRI Sultan Iskandar Muda 367 yang disebut ujung tombak pasukan Garuda di Laut Lebanon. 

TRIBUNNEWS.COM, LEBANON - Kapal perang TNI AL, KRI Sultan Iskandar Muda atau KRI SIM-367 mendapat kepercayaan memimpin tiga kapal perang negara asing saat menggelar latihan Periodic Capability and Readiness Days 4.0 (PICARD 4.0) di Lebanon.

Melansir dari instagram Puspen TNI, KRI SIM-367 yang dikomandani Letkol Laut (P) Abdul Haris selaku Komandan Satgas MTF XXVIII-M/UNIFIL, menerima kehormatan sebagai Kapal Markas dalam latihan Periodic Capability and Readiness Days 4.0 (PICARD 4.0) dari UNIFIL Head of Mission/Force Commander (HoM/FC) Major General Aroldo Lazaro Saenz pada Jumat (1/4/2022) pekan lalu.

Dalam Latihan PICARD 4.0 yang digelar di Laut Mediterania, Lebanon tersebut, KRI SIM-367 memimpin tiga unsur kapal perang lainnya yang berasal dari Bangladesh, Turki dan Yunani.

Force Commander UNIFIL onboard di KRI SIM-367 untuk meninjau langsung pelaksanaan tugas kapal-kapal di daerah operasi UNIFIL bagian laut atau Area of Maritime Operation (AMO) dan melihat langsung jalannya latihan bersama PICARD 4.0 di atas wings bridge KRI SIM-367.

Baca juga: Terdampar di Malaysia akibat Kapalnya Karam, 5 Nelayan Asal Anambas Kepri Dipulangkan ke Tanah Air

Menurut General Aroldo, Latihan PICARD ini merupakan latihan bersama yang dilaksanakan secara periodik oleh seluruh kapal perang peserta UNIFIL Maritime Task Force (MTF) di perairan Lebanon yang bertujuan menjaga kebersamaan, kesetaraan doktrin dan literasi/dokumen latihan antar beberapa kapal perang negara asing yang tergabung dalam MTF.

Disamping itu juga untuk menjaga profesionalisme prajurit selain pelaksanaan tugas pelayaran patroli menjaga perairan Lebanon yang menjadi tugas pokoknya.

KRI SIM-367 Pimpin Latihan di Lebanon
KRI Sultan Iskandar Muda atau KRI SIM-367 yang memimpin 3 kapal perang negara asing dalam latihan di Lebanon.

Berikut foto-fotonya: LINK

Seperti apa kehebatan dan spesifikasi KRI Sultan Iskandar Muda?

Melansir dari Wikipedia, KRI Iskandar Muda (367) merupakan kapal ketiga dari korvet kelas SIGMA milik TNI Angkatan Laut.

KRI Iskandar Muda merupakan sebuah korvet yang dibuat oleh galangan kapal Schelde, Belanda dimulai pada tahun 2006 khusus untuk TNI-AL.

Bertugas sebagai kapal patroli dengan kemampuan anti-kapal permukaan, anti-kapal selam dan anti-pesawat udara.

Kontrak pembelian dan pembuatan Kapal kelas ini dilakukan pada bulan Januari 2004 dan efektif berlaku sejak 12 Juli 2004.

Kapal dibuat di galangan kapal Schelde Naval Shipbuilding (SNS), Vlissingen, Belanda.

Setelah sebelumnya rencana untuk membuat kapal di PT PAL Surabaya dibatalkan.

Komando Tugas Laut Gabungan (Kogaslagab) TNI dengan unsurnya KRI Sultan Iskandar Muda-367 berhasil dan sukses menembakkan Peluru Kendali Exocet MM 40 BLOCK-3.
Komando Tugas Laut Gabungan (Kogaslagab) TNI dengan unsurnya KRI Sultan Iskandar Muda-367 berhasil dan sukses menembakkan Peluru Kendali Exocet MM 40 BLOCK-3. (Dinas Peneran Dinas Penerangan Angkatan Lautgan Angkatan Laut)

Baca juga: Polda Sumut Pulangkan 81 PMI Korban Selamat Kapal Karam di Asahan

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas