Tribun

Nadiem Makarim: Pembenahan Iklim Lingkungan Belajar Jadi Komitmen Kemendikbudristek

Mendikbudristek Nadiem Makarim berkomitmen meningkatkan kesejahteraan anak usia sekolah dan remaja melalui upaya pembenahan iklim lingkungan belajar.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Nadiem Makarim: Pembenahan Iklim Lingkungan Belajar Jadi Komitmen Kemendikbudristek
Tribunnews.com/ Fahdi Fahlevi
Mendikbudristek Nadiem Makarim. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim berkomitmen meningkatkan kesejahteraan anak usia sekolah dan remaja melalui upaya pembenahan iklim lingkungan belajar.

Nadiem mengatakan Kemendikbudristek mendukung RAN PIJAR sebagai kelanjutan dari Rencana Aksi Nasional Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja yang telah dilaksanakan pada 2017 sampai 2019.

"Kita berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan murid-murid kita melalui upaya pembenahan iklim lingkungan belajar," ujar Nadiem melalui keterangan tertulis, Jumat (22/4/2022).

Baca juga: Kemendikbudristek Terbitkan 113 SK Pembukaan Prodi Sarjana Terapan

Rencana Aksi Nasional ini, kata Nadiem, akan menjadi acuan bagi kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan anak usia sekolah.

"Di bidang pendidikan, aksi nasional ini akan mendorong peningkatan akses ke pendidikan yang berkualitas dan meningkatkan keterampilan para pelajar sesuai dengan tuntutan zaman," ucap Nadiem.

Salah satu kebijakan yang ada pada Merdeka Belajar adalah penghapusan ujian nasional yang diganti dengan Asesmen Nasional (AN).

AN mengukur tentang karakter peserta didik dan kualitas lingkungan belajar selain kompetensi literasi dan numerasi sehingga analisis hasil belajar secara holistik menjadi dasar dalam mengidentifikasi akar permasalahan pendidikan Indonesia.

“Asesmen Nasional adalah langkah dimulainya perubahan untuk memperbaiki sistem pendidikan. Setelah isu seperti perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi mulai terbuka datanya di setiap sekolah melalui Asesmen Nasional," ucap Nadiem.

Mantan CEO Gojek ini mendorong semua pemerintah daerah baik di tingkat provinsi, kabupaten, kota, hingga desa, serta para pemangku kepentingan lainnya untuk melaksanakan rencana aksi peningkatan kesejahteraan anak usia sekolah dan remaja.

"Mari kuatkan kerja sama kita untuk mendukung Rencana Aksi Nasional Peningkatan Kesejahteraan Anak Usia Sekolah dan Remaja sebagai gerakan bersama mewujudkan cita-cita Merdeka Belajar," pungkas Nadiem.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas