Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Stasiun Pasar Senen Ramai, Menhub Imbau Pemudik Berangkat Sesuai Jadwal Kereta Api

(Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat yang mudik Lebaran dapat menyesuaikan dengan waktu keberangkatan kereta api.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Stasiun Pasar Senen Ramai, Menhub Imbau Pemudik Berangkat Sesuai Jadwal Kereta Api
Naufal Lanten
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadhil Imran dan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (27/4/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat yang mudik Lebaran dapat menyesuaikan dengan waktu keberangkatan kereta api.

Sebab, kata dia, banyak penumpang yang berangkat mudik malam, namun sudah datang pada siang hari.




“Ini stasiun penuh karena yang malem sudah datang penumpangnya. Maka para pengguna mudik kereta api lakukanlah perjalanan itu sesuai dengan waktu,” kata Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (27/4/2022).

Lebih lanjut Budi mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya terkait vaksinasi di titik-titik perjalanan kereta api, bandara dan terminal.

Itu dilakukan agar tidak terjadi penumpukkan di satu titik vaksinasi saja.

Dia juga meminta kedua instansi tersebut membantu mengamankan perjalanan mudik Lebaran 2022 ini.

BERITA TERKAIT

“Pak Presiden berpesan saya selaku pembantunya, satu hati hati, ciptakan kegembiraan agar nantinya berjalan dengan baik, berjalan dengan baik kalau komunikasinya berjalan bagus,” tutur Menhub.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadhil Imran dan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (27/4/2022).

Baca juga: Moeldoko Minta Petugas Jaga Euforia Pemudik Jangan Sampai Jengkel

Menhub mengatakan per hari ini, Rabu (27/4/2022), tiket kereta api sudah hampir habis terjual.

“Hari ini kita lihat mudik sudah menjadi maksimal dan praktis tiket-tiket yang dijual mendekati penuh,” kata Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (27/4/2022).

Bersamaan, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto juga mengimbau masyarakat yang untuk melakukan vaksinasi dan booster sebelum mudik di gerai-gerai yang sudah disediakan.

“Sehingga kita semua akan aman dan selamat. Dan mengharapkan prokes kita semua untuk menjaga keluarga kita masih dalam keadaan sehat dan aman,” ucapnya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadhil Imran turut mengimbau masyarakat menyiapkan persiapan mudik dengan baik.

“Yang keberangkatan juga harus diatur agar tidak terjadi penumpukan, karena itu menjadi konstetrasi kami,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengimbau masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, pemudik juga diimbau mempersiapkan dokumen vaksinasi. Didiek menambahkan saat ini aplikasi KAI Acces sudah terintegrasi dengan aplikasi Pedulilindungi.

“Sehingga para pelanggan dengan menunjukan QR Code, maka sudah langsung terbaca penumpang itu apa vaksinnasi 2 kali apa 3 kali sehingga ketentuan-ketentuan itu yang dilakukan,” katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas