Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Contoh Naskah Khutbah Jumat Akhir Ramadhan 2022: Memaksimalkan Sisa Bulan Puasa

Simak inilah contoh naskah khutbah Jumat akhir Ramadhan 1443 H/2022 yang berjudul Memaksimalkan Sisa Bulan Puasa.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Daryono
zoom-in Contoh Naskah Khutbah Jumat Akhir Ramadhan 2022: Memaksimalkan Sisa Bulan Puasa
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Jemaah mendengarkan khutbah seusai melaksanakan salat Idulfitri 1441 H berjamaah di halaman Masjid Nashrulloh, Kampung Bojongpeundeuy, Desa Cangkuang, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Minggu (24/5/2020). 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini contoh naskah khutbah Jumat akhir Ramadhan 1443 H/2022.

Contoh naskah khutbah ini dapat disampaikan pada salat Jumat hari ini, Jumat (29/4/2022).

Perlu diketahui, hari ini adalah Jumat terakhir di bulan Ramadhan 1443 H.




Contoh naskah khutbah Jumat ini Tribunnews kutip dari laman NU Jatim.

Adapun dalam keterangan yang disampaikan, naskah ini dapat digandakan untuk disebar di media sosial dan kalau berkenan dengan mencetaknya ulang, dibagikan ke sejumlah masjid.

Baca juga: Contoh Naskah Khutbah Jumat Akhir Ramadhan 2022, Bisa Disampaikan pada Sholat Jumat Hari Ini

Baca juga: Teks Khutbah Jumat Akhir Ramadhan 2022: Luangkan Waktu untuk Ibumu

Naskah Khutbah Jumat akhir Ramadhan: Memaksimalkan Sisa Bulan Puasa

Khutbah I

BERITA TERKAIT

اَلْحَمْدُ للهِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ اللهِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. أَمَّا بَعْدُ، فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْقَائِلِ في مُحْكَمِ كِتَابِهِ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Mengawali khutbah yang singkat ini, khatib berwasiat kepada kita semua, terutama kepada diri khatib pribadi untuk senantiasa berusaha meningkatkan ketakwaan dan keimanan kepada Allah Subhanahu Wa Taala dengan menjalankan semua kewajiban dan menjauhkan diri dari segala yang dilarang dan diharamkan.

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Musim kebaikan itu telah hadir di tengah-tengah kita. Musim maghfirah dan rahmah itu telah berada di depan mata. Akan tetapi, meski pandemi Covid-19 masih menghantui kita. Wabah ini masih ada kemungkinan menyerang, karenanya vaksinasi terus dilakukan bahkan sampai level booster.

Hadirin yang Dirahmati Allah

Situasi saat ini memang berbeda tidak seperti biasanya. Keadaan di sekitar kita pada Ramadhan tahun ini mungkin tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Kondisi perekonomian sebagian besar masyarakat pada Ramadhan tahun ini mengalami penurunan dan terus melemah. Situasi dan kondisi memang berubah. Tapi hati kita tidak boleh berubah. Dalam menyikapi perkembangan terkini, sesulit apa pun keadaannya, hati tidak boleh goyah dan iman tidak boleh melemah. Mari kita terus mengasah senjata sabar dan syukur kita. Inilah saatnya kita diuji oleh Allah, apakah kita betul-betul memiliki sifat sabar dan syukur ataukah sabar dan syukur selama ini hanya slogan di bibir saja.

Hadirin yang Berbahagia

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas