Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini BMKG Senin, 2 Mei 2022: Waspadai Cuaca Ekstrem di 25 Wilayah

BMKG merilis peringatan dini cuaca ekstrem pada Senin (2/5/2022). Ada 25 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Sri Juliati
zoom-in Peringatan Dini BMKG Senin, 2 Mei 2022: Waspadai Cuaca Ekstrem di 25 Wilayah
Tribunnews.com
BMKG merilis peringatan dini cuaca ekstrem pada Senin (2/5/2022). Ada 25 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem pada Senin (2/5/2022) hari ini.

Ada beberapa daerah di Indonesia yang mendapatkan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG.

Melalui laman resminya, BMKG memprediksi 4 wilayah diprediksi berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Sementara itu, ada 25 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Senin, 2 Mei 2022: Waspada Cuaca Ekstrem di 29 Wilayah Indonesia

BMKG menginformasikan, terdapat Bibit Siklon Tropis 90W terpantau di Laut Filipina.

Sistem ini membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Laut Filipina hingga Filipina bagian selatan dan di Samudra Pasifik utara Papua Barat.

Pusat tekanan rendah terpantau di Samudra Hindia barat Bengkulu-Lampung dan di Papua bagian selatan yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Samudra Hindia barat Lampung, di Laut Arafura, dan dari Laut Seram hingga Papua.

BERITA REKOMENDASI

Sirkulasi siklonik juga terpantau di Teluk Thailand, di Samudra Pasifik utara Papua, dan di Laut Arafura, yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Semenanjung Thailand, dari pesisir selatan Kamboja hingga pesisir selatan Thailand, dari Vietnam hingga Kamboja, dan di Laut Arafura.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Senin (2/5/2022) hari ini:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas