Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini BMKG Rabu, 4 Mei 2022: Waspada DKI Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Angin

BMKG telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk Rabu (4/5/2022), waspada wilayah DKI Jakarta berpotensi hujan disertai angin.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Peringatan Dini BMKG Rabu, 4 Mei 2022: Waspada DKI Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Angin
Pixabay/Pexels
Ilustrasi Prakiraan Cuaca (Pixabay/Pexels) - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk Rabu (4/5/2022), waspada wilayah DKI Jakarta berpotensi hujan disertai angin. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk Rabu (4/5/2022) besok.

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, Bibit Siklon Tropis 90W terpantau berada di Laut Filipina sebelah utara Maluku Utara dengan kecepatan angin maksimum mencapai 15 knot dan tekanan udara minimum 1007.3 hPa.

Sistem ini bergerak perlahan ke arah barat daya-barat dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan dalam kategori rendah.

Pusat Tekanan Rendah terpantau di Samudra Hindia barat Bengkulu yang membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) yang memanjang di Samudra Hindia barat Aceh-Sumatera Barat dan di Samudra Hindia barat Banten.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Laut Andaman perairan sebelah utara Aceh dan di Laut Arafuru sebelah barat Papua yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari perairan barat Aceh hingga Aceh dan dari Papua hingga Maluku bagian selatan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Rabu, 4 Mei 2022: Waspada Cuaca Ekstrem di 32 Wilayah Indonesia

Baca juga: Teror Bom Bondet Jelang Lebaran di Lumajang Buat Warga Gempar hingga Keluar Rumah 

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Rabu, 4 Mei 2022 hingga Kamis, 5 Mei 2022:

BERITA REKOMENDASI

Rabu, 4 Mei 2022

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

• Sumatera Utara

• Sumatera Barat

• Riau

• Bengkulu

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas