Tribun

Mudik Lebaran 2022

Antisipasi Kemacetan Arus Balik, Jadwal Masuk Sekolah Diundur Jadi 12 Mei 2022

Kemendikbud Ristek menambah masa libur sekolah di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten selama tiga hari, jadwal masuk sekolah 12 Mei 2022.

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Inza Maliana
zoom-in Antisipasi Kemacetan Arus Balik, Jadwal Masuk Sekolah Diundur Jadi 12 Mei 2022
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
Pelajar SD Negeri Tanah Tinggi 1 Kota Tangerang, sangat antusias ketika mengikuti pelajaran saat PTM 100 persen yang dimulai pada Senin (4/4/2022). Dalam artikel mengulas tentang jadwal masuk sekolah pasca Lebaran 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menambah masa libur sekolah di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten selama tiga hari.

Penambahan masa libur sekolah yang semula sampai 9 Mei 2022, kini menjadi 12 Mei 2022.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi kemacetan yang diprediksi akan terjadi saat arus balik mudik Lebaran.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten pun telah mengeluarkan surat edaran terkait jadwal masuk sekolah menjadi 12 Mei 2022 sesuai arahan pusat.

"Untuk itu, Kemendikbud Ristek menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten untuk memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022,” kata Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kemendikbud Ristek, Anang Ristanto, dikutip Tribunnews.com dari Kompas.com, Jumat (6/5/2022).

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi terkait.

Baca juga: Hari Ini Pengumuman Kelulusan SMA 2022, Cek Melalui Website Masing-masing Sekolah

Menurut Anang, pemerintah provinsi terkait juga telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota di wilayah masing-masing.

"Keputusan ini akan disosialisasikan oleh pemerintah daerah untuk diterapkan sebagaimana mestinya," ucap Anang.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menilai keputusan merubah jadwal masuk sekolah setelah Lebaran 2022 adalah langkah tepat.

Menko PMK menyebut, langkah merubah jadwal masuk sekolah ini untuk menghindari kemacetan parah di puncak arus balik yang akan terjadi pada 6-8 Mei 2022.

"Perubahan tanggal masuk sekolah setelah libur lebaran ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas pada arus balik lebaran 2022," ucap Menko PMK di Jakarta, dikutip Tribunnews.com dari Kemenkopmk.go.id.

"Mudah-mudahan kebijakan ini bisa mengatasi kemacetan dan kepadatan lalu lintas yang kita khawatirkan terjadi di puncak arus balik," lanjutnya.

Muhadjir berharap, penundaan jadwal masuk tidak mempengaruhi proses pembelajaran dalam mengejar ketertinggalan (learning loss) sebagai dampak pandemi Covid-19.

"Oleh karena itu kehadiran anak-anak di sekolah dalam proses pembelajaran tetap penting untuk mengejar ketertinggalan tersebut, dengan tetap memperhatikan disiplin protokol kesehatan" jelasnya.

Baca juga: Arus Balik Lebaran Nampak di Tol Bawen-Semarang, Makin Malam Kendaraan Makin Merayap

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas